Peluang Bisnis Dropship dan Tips Sukses nya



Peluang Bisnis Dropship berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda yang saat ini sedang mencari solusi dalam berburu dollar. Apakah anda sudah pernah mendengar tentang bisnis dropship? Pada kesempatan kali ini kami akan berusaha untuk mengulas tuntas seputar hal tersebut. Baiklah, sekarang mari kita pelajari bersama tentang bisnis yang satu ini. Dropship adalah sebuah sistem penjualan produk secara online, yang mana penjual tidak harus memiliki produk sendiri. Intinya adalah membantu proses penjualan dari atasan kita. Sistem dropship berbeda dengan sistem Reseller, dimana penjual harus membeli produk kepada supplier atau pemilik barang stok. Keuntungan dari reseller adalah mengambil selisih harga barang yang dijualnya. Namun, kendalanya adalah kalau reseller memang harus memiliki modal yang lumayan untuk membeli produk. Kembali kepada bisnis dropship, dengan menjalankan bisnis ini anda sebagai penjual tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang kepada pembeli, karena supplier lah yang akan melakukan penemasannya. Kelebihanya adalah bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis atas nama anda sebagai penjual. Jadi kredibilitas anda sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.

Peluang Bisnis Dropship dan Tips Sukses


Untuk menambah tingkat penjualan dalam bisnis dropship ini, anda bisa memasarkannya secara offline maupun online. Seperti yang populer saat ini adalah pemasaran secara online. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter. Jika anda juga memiliki kemampuan dalam hal website anda bisa membuka toko online yang bisa menarik perhatian pelanggan.  Sekarang kan memang zaman nya pasar online, jika anda ingin membuka toko online yang profesional silahkan baca artikel kami lainnya yang berjudul Cara Membuat Toko Online Keren dengan Wordpress Selain itu anda juga bisa memanfaatkan aplikasi messenger smartphone seperti BBM, Whatsapp dan lain sebagainya. 

Peluang Bisnis Dropship dan Tips Sukses nya

Jika di perhatikan sistem bisnis dropship ini sebenarnya cukup sederhana, penjual bisa memilih beberapa produk yang akan dijual, mengambil foto produknya kemudian di upload ke media untuk dipasarkan. Jangan lupa untuk menarik pembeli berikan keterangan singkat seputar produk anda. Bila ada pembeli yang tertarik, maka tinggal mengirimkan uang sesuai harga yang anda tentukan. Penjual kemudian melanjutkan pembayaran kepada suplier dan memberikan info barang yang dibeli berserta data si pembeli. Setelah itu suplier akan mengemas produk dan mengirimkan nya kepada konsumen atas nama penjual. 

Bisnis Dropship ini bisa dikerjakan dimana saja yang penting ada koneksi internet dan gadget. Menarik bukan untuk dicoba? Modal nya sedikit bahkan sangat minimalis namun jikalau pemasaran anda keren, maka dollar akan mengalir ke kantong anda. Jikalau dilihat saja sepertinya bisnis ini sangat menguntungkan, maklumlah teori lebih mudah dari pada prakteknya. Dan juga setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami akan merangkumnya untuk anda.

Kelebihan Bisnis Dropship

1. Modal Kecil
Penjual hanya butuh pulsa atau paketan internet untuk menjalankan bisnisnya, penjual bisa memasarkan produk secara online melalui media sosial dan berbagai forum jual beli lainnya. 

2. Sangat Praktis
Penjual tidak perlu diribetkan dengan proses pengadaan barang, pengemasan, dan pengiriman kepada pembeli. Karena memang semuanya itu sudah dilakukan oleh supplier. Penjual hanya butuh pemasaran yang kreatif dan dapat menarik banyak pembeli.

3. Dapat Dikerjakan Kapan pun Dimanapun
Seperti yang telah kami sampaikan tadi, penjual hanya butuh koneksi internet sebagai alat pemasaran. Hubungan penjual dan pembeli masih bisa terjalin dengan baik melalui media online.

4. Tidak Ada Biaya Operasional
Tidak seperti bisnis konvesional yang membutuhkan biaya operasional yang cukup besar, bisnis dropship bisa dijalankan dengan biaya operasional yang sangat kecil, atau bahkan tanpa biaya operasional. Biaya yang biasa dikeluarkan oleh sebuah usaha adalah untuk biaya listrik, gaji pegawai, dan biaya sewa tempat. Sedangkan bisnis dropship, kita hanya mengeluarkan biaya yang sangat kecil, seperti biaya koneksi internet dan modem.

Kekurangan Bisnis Dropship

1. Keuntungan Kecil
Keuntungan yang diambil penjual memang sedikit, karena memang penjual (dropshipper) tidak akan menetapkan harga yang jauh dari harga yang sudah menjadi ketetapan dari supplier.

2. Info Stok Barang Tidak Up to Date

Info tentang ketersediaan barang tidak bisa diketahui langsung oleh dropshipper karena data tersebut ada pada supplier. Bisa saja sebuah produk yang akan dibeli melalui dropshipper ternyata telah habis dan informasinya belum terupdate di website si supplier barang.

3. Sulit Menjual Barang Yang Belum Pernah Dilihat
Ketika seorang konsumen bertanya lebih detail tentang sebuah barang, biasanya dropshipper kurang bisa menjelaskan tentang detail barang tersebut karena memang dia kurang memahami produk tersebut. Kebanyakan dropshipper hanya fokus pada pemasaran tanpa mengetahui detail dan spesifikasi barang yang dijual. Hal ini tentunya akan mempengaruhi niat konsumen untuk membeli produk tersebut, dan biasanya memang konsumen tidak jadi membeli barang tersebut.

4. Orang Yang Mendapat Komplain
Bisa saja supplier mengirimkan barang yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau proses pengiriman terlambat. Dan ketika hal itu terjadi, tentunya pembeli tersebut akan komplain. Si pembeli tidak akan komplain pada si supplier tapi ke dropshipper/ penjual. Setiap kali si pembeli kecewa/ tidak puas dengan barang yang dikirim atau proses pengiriman terlambat dari supplier, dropshipperlah yang akan selalu menerima keluhan dari pelanggan. 

Tips Singkat Memilih Supplier Untuk Bisnis Dropship

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai dropshipper atau penjual harus selektif dalam bekerjasama dengan penyedia barang atau supplier. Bisnis ini hanya akan bisa berjalan dengan baik bila dropshipper bekerjasama dengan supplier yang bisa menjamin kualitas pelayanannya.
  • Pilihlah supplier dari grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi pada banyaknya jumlah barang yang dijual.
  • Pilih supplier yang sudah memiliki sistem yang sudah jelas, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.
  • Pilihlah supplier yang mudah dihubungi. Namun, kita harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untutk menerima telepon atau chating dengan Anda karena mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya.
  • Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper. Ini diperlukan untuk data pengirim barang ke si pembeli, supplier akan menuliskan nama atau toko online si dropshipper di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.
Demikianlah ulasan selengkapnya seputar bisnis dropship yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi suatu ilmu yang bermanfaat untuk anda sekalian. Tentunya tidak hanya sebatas itu saja yang bisa anda simak disini, untuk menambah wawasan seputar bisnis online silahkan baca juga Q Bonk, Bisnis Online Gratis Bagi Pemula Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktunya untuk saling belajar bersama disini. Ikuti kami terus untuk mendapatkan info update yang menarik lainnya. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam sukses.
 
sumber : https://www.maxmanroe.com

0 Response to "Peluang Bisnis Dropship dan Tips Sukses nya"

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar untuk memperkaya konten dari blog ini. Terima kasih atas komentarnya :)