Cara Membuat Daftar Isi Otomatis & Manual di Word

Cara membuat daftar isi di Ms. Word, banyak yang masih bingung dengan ini. Banyak sekali yang bertanya tentang membuat daftar isi yang bagus untuk makalah. Bagi para newbie membuat daftar isi seperti ini biasanya mereka tidak bisa. Umumnya membuat daftar isi secara manual, yaitu dengan hanya mengetikkan titik-titik lurus. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan 2 tips untuk membuat daftar isi tersebut dan pastinya otomatis rapi ya.

Kami telah membuat tutorial microsoft word yaitu membuat daftar isi karya tulis . Membuat daftar isi yang rapi ini adalah format baku dalam penulisan makalah, skripsi maupun karya tulis ilmiah lainnya.

Okey semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa kalau sudah tahu sebarkan ilmu ini ke teman-teman yang masih belum mengetahuinya. Karena sejatinya berbagi itu indah, ilmu untuk dibagi bukan untuk dimiliki sendiri ya gaes.

Baiklah sekarang mari kita simak langkah-langkah lengkap cara membuat daftar isi di MS Word. Dalam tutorial ini kami telah melengkapinya dengan gambar dan juga video. Supaya anda bisa mempermudah memahami tips ini. Sekedar info untuk anda, kemarin kami juga telah menulis tips microsoft word yang lain juga. Artikel tersebut membahas tentang cara membuat bingkai. Untuk membacanya silahkan klik Cara Membuat Bingkai Keren di MS Word.

1) Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Rapi

Oh iya, disini kami menggunakan word 2007 ya. Pada dasarnya sama aja kok. Mau microsoft office 2007, 2010, 2013 atau versi yang lain, tetap caranya sama saja semua. Disini fokusnya adalah cara membuat titik titik pada daftar isi ya. Sekarang yuk mari kita pelajari langkah-langkah cara membuat nya. Semoga berhasil dan menjadi salah satu ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.

Baiklah, kali ini kita akan bahas langkah membuat daftar isi secara otomatis. Karena otomatis, tentunya gak perlu lagi di atur ini itu dan dibuat ribet. Syarat nya adalah Numbering dan juga Pengaturan Heading sudah benar.

Menarik juga : Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda

Oke, pada intinya adalah tombol di bagian References - Table Of Contents itu saja kok. Kalau semuanya sudah di atur. Kamu hanya perlu klik tombol itu saja.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Tapi sebelumnya harus diatur Heading nya ya. Coba lihat gambar berikut ini, yang mana untuk 

Judul jadikan format Heading 1
Sub Judul jadikan format Heading 2

Cara itu yang biasanya di sebut dengan cara membuat daftar isi dengan heading. Sudah begitu saja. Berikut gambar nya, supaya lebih jelas. 

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis

Biar tambah lebih jelas lagi, kami juga sudah cantumkan video tutorial membuat daftar isi secara otomaris ya. Khusus untuk kamu semuanya, durasi nya cuma 2 menit. Jadi cepet banget kan? silahkan di play dan praktekkan sendiri.

Video Panduan Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis, Hanya 2 Menit Saja!


2) Cara Membuat Daftar Isi Manual dengan Tab

Setelah tahu yang otomatis, kali ini yang manual atau biasa juga di sebut dengan cara membuat titik-titik otomatis pada daftar isi yang seperti itulah kebanyakan orang bilang. Jadi disini intinya nanti kita bakal gunakan tombol Tab itu untuk membuat titik lurus otomatis rapi. 

Berikut ini juga ada format daftar isi yang bisa kamu unduh dan jadikan sebagai frame daftar isi, biar tambah lebih cepet dan praktis.

Kami sudah menyiapkan file yang bisa anda unduh dan langsung bisa gunakan. Silahkan unduh file format daftar isi di link berikut ini Contoh Daftar Isi Makalah

1. Klik dua kali (double klik) pada tanda ruler. Maka akah mucul tanda seperti huruf "L" 

Panduan Membuat Daftar Isi Otomatis

2. Setelah anda double klik. Maka akan muncul kotak dialog seperti ini. Pilih saja Left dan pilih model yang ada titik-titiknya. Seperti yang telah kami tampilkan pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi dengan Tab

3. Setelah itu buat tanda "L" lagi seperti pada langkah pertama. Maka akan ada dua huruf "L" disana. Double klik pada tanda yang baru. Maka akan muncul kotak dialog seperti yang ada di bawah ini. Kalau kali ini Pilih Right dan pilih model None.

Tutorial Membuat Daftar Isi dengan Tab

4. Setelah langkah ke tiga. Maka tanda Huruf "L" nya akan berbalik arah. Kemudian Atur posisi keduanya sehingga akan membentuk formasi seperti pada gambar di bawah ini. (lihat tanda merah)

Panduan Membuat Daftar isi Otomatis dan Manual

5. Untuk membuat Membuat Daftar Isi nya otomatis. Mudah saja, sekarang tekan TAB pada keyboard. Maka akan muncul titik-titik yang rapi. Sekarang silahkan buat daftar isi sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti gambar yang telah kami contohkan dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Makalah

Langkah kedua dan ketiga bisa dibolak-balik kawan. Yang penting adalah tanda "L" tadi bisa saling berhadapan seperti pada gambar diatas. Selain artikel ini kami juga masih ada satu tips microsoft word yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda. Benar sekali artikel yang satu ini juga bermanfaat untuk anda yang sedang menulis karya ilmiah. Membuat footnote, untuk membacanya silahkan klik di Cara Membuat Footnote (catatan kaki) di MS Word

Cukup mudah bukan caranya? Saya sendiri biasanya juga pakai metode seperti itu. Apalagi kemarin waktu skripsi. Anda juga memakai nya untuk membuat makalah. Sebenarnya ada cara lain sih yang tinggal klik terus otomatis muncul judul nya. Tapi Saya pribadi, menilai cara tersebut tidaklah lebih praktis dari cara yang kami tuliskan disini. Yah, kembali ke masing-masing saja lah, mau yang mana.

FAQ Seputar Cara Membuat Daftar Isi :

  • Cara membuat daftar isi di word 2007, 2010, 2013 dan semua versi lain sama atau tidak? Sama, karena pada dasarnya navigasi dari sekian banyak versi ms word itu mirip semua.
  • Bagaimana cara membuat daftar isi makalah? Kalian bisa menggunakan cara yang sudah kami jelaskan tadi, cara buanya sama kok.
  • Apa Bedanya daftar isi makalah dan skripsi? Pada dasarnya cara pembuatannya sama, mungkin beda dalam bentuk format dan bagian.
  • Bagaimana cara membuat daftar isi dengan tab? Cara tersebut sama seperti yang kami jelaskan, yaitu dibagian kedua. Silahkan di baca lagi.

Mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan kepada kami, jadi kami rangkum saja sekalian menjadi bagian tersebut ya. Demikialah tips cerdas microsoft word tentang cara membuat daftar isi otomatis di word semoga bisa bermanfaat untuk anda. Tak hanya disini kami masih ada satu artikel lagi yang bisa memperkaya skill anda dalam mengotak-atik aplikasi ini.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktunya disini. Semoga pertemuan kita kali ini bisa bermanfaat uintuk anda. Jangan malu untuk bertanya kalau ada yang kurang jelas. Okey, akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam sukses.