Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda untuk Skripsi, Mudah!

Cara membuat nomor halaman berbeda letak untuk skripsi dengan mudah. Siapa yang saat ini sedang menjalani proses skripsi atau tugas akhir? Salah satu tugas membuat karya tulis yang bagi sebagian mahasiswa adalah tugas tersulit. Namun ya seperti itulah mahasiswa, harus bisa membuat karya tulis sendiri. Sehingga tidak hanya pandai berbicara dan berpikir saja, namun juga menulis. Bagi anda yang saat ini sudah memasuki tahap akhir dalam menulis skripsi pasti juga butuh yang namanya penomoran halaman skripsi yang benar.

Karena memang dalam menulis sebuah skripsi pasti lah harus mengikuti aturan tertentu. Yah, salah satunya ya itu tadi, penomoran. Tidak semua mahasiswa mengerti tentang cara membuat halaman pada skripsi di word. Meski sudah lama tahu tentang Microsoft word, tapi juga belum paham juga akan cara penomorannya. Sehingga pasti akan kesulitan dong, bakal Tanya sana sini. 

Nah, dari pada anda Tanya kesana kemari. Mending baca artikel kami yang membahas cara membuat nomor halaman berbeda di setiap awal bab. Sebenarnya caranya mudah banget kok, tidak sampai 10 langkah malahan. 

Seperti peraturan skripsi pada umunya, Penomoran awal bab harus berada di bawah. Dan halaman selanjunya harus terletak di bagian kanan atas. Atau lebih bisa kita sederhanakan lagi, semua nomor halaman berada di pojok atas, kecuali awal bab.

Cara Membuat Nomor Halaman pada Skripsi


Sekarang kita beranjak tentang bagaimana cara membuat halaman skripsi atas bawah seperti yang kami jelaskan tadi? Oleh karena itu simak terus ya tutorial yang akan kami sampaikan ini. 

Oh iya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara membuat penomoran skripsi dengan menggunakan word 2007. Karena memang kami menggunakan office tersebut, dan kami rasa memang masih cocok dengan kegiatan keseharian kami. Semoga dalam pertemuan kita selanjutnya bisa membahas cara membuat halaman skripsi di word 2010.


Hal pertama yang harus anda lakukan dalam membuat penomoran skripsi adalah menyiapkan file nya terlebih dahulu. Misal anda sudah membuat bab 1 lengkap, mulai dari latar belakang, rumusan masalah tujuan dan lain-lain. 

Baiklah sekarang mari kita simak bersama, dan jangan lupa sambil mempraktekkannya ya. Supaya bisa lebih meresap kedalam ingatan anda. Semoga setelah anda membaca tutorial ini, anda sudah bisa membuat nomor halaman berbeda di setiap awal bab lainnya. 

Langkah yang dapat anda lakukan adalah 

1 – Lakukan penomoran halaman seperti biasanya 
yakni dengan cara : Klik insert – Page Number – Pilih Bottom of Page -  Pilih yang tengah

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda untuk Skripsi

2 – Centang Different First Page
Kalau kurang jelas anda bisa melihat tampilan nya seperti pada gambar dibawah ini. Nanti halaman nya memang akan hilang sementara, tetapi tenang saja itu merupakan bagian dari proses ini. Hehe

 cara membuat halaman pada skripsi di word 2007

3 – Klik Page Number pilih bottom yang bagian tengah Lagi
Lakukan seperti yang sudah kami tampilkan pada gambar berikut ini.

cara membuat nomor halaman berbeda letak

4 – Centang Different First Page Lagi

cara membuat halaman skripsi atas bawah

5 – Pindah ke halaman selanjutnya kemudian hapus page number nya
Dalam hal ini saya mencontohkan halaman selanjutnya adalah halaman 2, hapus secara manual saja. Lakukan seperti pada gambar.

penomoran halaman skripsi yang benar

6 – Klik cursor pada halaman 2 tadi
Silahkan klik kiri pada halaman 2, sehingga cursor akan berkedap-kedip di halaman 2 seperti pada gambar.

cara membuat nomor halaman berbeda di setiap awal bab

7 – Lakukan penomoran yang terletak di pojok kanan atas
Dalam hal ini berbeda letak dengan halaman 1. Pilih pada bagian Top of Page, lalu pilh pojok kanan.


8 – Sudah Jadi
Maka secara otomatis nomer halaman anda akan berbeda letak dengan halaman 1. Lihat pada gambar supaya anda lebih jelas.

cara membuat halaman berbeda di word 2007 untuk skripsi

9 – Lihat Halaman Selanjutnya
Setelah itu semua nomor halaman pasti akan terletak di bagian pojok atas, kecuali halaman pertama. 

cara penomoran skripsi

Sekarang skripsi anda sudah ada page number nya. Sudah ada halaman nya yang bebeda letak. Silahkan praktekkan cara tersebut pada bab yang lainnya seperti bab 2, bab 3 maupun bab-bab selanjutnya. 

Kini anda sudah bisa satu ilmu yang sebelumnya belum anda kuasai. Anda saat ini bisa membantu teman-teman yang lainnya yang mungkin juga mengalami kesulitan seperti anda. Jika anda merasa mendapatkan manfaat dari apa yang telah kami sajikan disini, anda bisa membagikan tulisan ini kepada teman-teman anda juga. Caranya cukup mudah, hanya dengan tekan tombol share yang ada di atas.


Demikianlah ulasan sederhana dari kami seputar cara membuat nomor halaman berbeda letak, semoga apa yang telah kami lakukan ini bisa memberikan manfaat untuk anda sekalian.

Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada anda yang telah setia sampai saat ini, untuk menunggu info terbaru dari blog kami. Untuk pertemuan selanjutnya kami akan membahas sesuatu menarik yang lainnya. Simak terus ya setia minggunya. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam senyum selalu.

0 Response to "Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda untuk Skripsi, Mudah!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya