8 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartphone

Cara menghemat kuota internet, pasti menjadi salah satu hal yang tidak mustahil untuk dilakukan. Karena seperti yang telah kita ketahui, kebutuhan internet seakan-akan sudah menjadi salah satu hal penting setiap orang saat ini. Dengan adanya berbagai tawaran mengenai kualitas jaringan internet, membuat banyak orang semakin banyak yang berminat untuk menggunakannya.

Banyak sekali aktivitas yang bahkan hampir semuanya dilakukan dengan internet, seperti menyelesaikan tugas kuliah, sosial media, toko online dan masih banyak lagi. Sehingga kualitas dan kecepatan akses jaringan internet pun menjadi semakin berkembang setiap waktu.

Salah satu hal yang perlu di perhatikan saat menggunakan jaringan internet adalah kuota internet. Dengan kuota inilah, semua aktivitas internet bisa dilakukan. Data internet yang dibeli ini pun kemudian mengharuskan penggunanya untuk memanfaatkan nya secara bijaksana dan tepat sesuai kebutuhan. Tapi sayangnya banyak orang tidak mengetahui  cara menghemat kuota dengan baik. 

Karena memang terlalu asyik berselancar di dunia maya, hingga lupa akan kuota yang dimilikinya. Maka dari itu untuk ada baiknya juga untuk menyimak berbagai tips untuk dapat menghemat kuota internet berikut ini. Bagaimana cara menghemat kuota yang ampuh? Maka berikut ini kami sudah merangkumkan nya. 

Cara Menghemat Kuota Biar Awet


cara menghemat kuota

1. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline

Cara yang pertama adalah dengan mengubah fitur ‘Maps’ ke mode offline. Aplikasi Maps ini memang menguras kuota internet dengan cepat. Dan anehnya banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut. Bahkan aplikasi Maps ini akan semakin menguras data jika memakainya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satelit.

cara ampuh menghemat kuota

Untuk mengatasi supaya gak boros kuota, silahkan ubah pengaturan aplikasi Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Lalu geser kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’. Kalau platfom iOS, kamu hanya perlu mengubah mode ke flight mode. Mudah bukan?

2. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Sebuah browser ternyata juga bisa menguras kuota internet loh. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari ponsel. Banyak yang meyakini bahwa ini bisa menyedot kuota internet. Untuk mengatasi nya, kamu  bisa mengunduh browser yang lebih efisien dan hemat seperti Opera Mini. 

Browser ini memang dipercaya bisa menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres website yang di kunjungi. Dengan fitur data-saving `video boost`, bisa mengurangi proses buffer dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa menyedot kuota internet yang besar.
Selain aplikasi browser Opera Mini, silahkan juga gunakan browser Google Chrome dengan sebuah strategi khusus. 

Berikut caranya

Buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Settings - Bandwith - Data Saver untuk mematikan data saving.

3. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diperlukan

Ternyata masih ada banyak orang yang melakukan sinkronisasi otomatis pada ponsel nya, yang dampak nya bisa mengambil kuota data internet secara langsung tanpa di sadari. 
Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan matikan saja opsi sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang jarang digunakan. 

Caranya

Masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. 

4. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Caranya yaitu dengan memakai fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android. Dengan ini, kamu akan mendapatkan peringatan ketika pemakaian data kuota internet sudah melampaui batas. 

Untuk mengatur nya, 

Silahkan masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi Penggunaan Data di Background

Tak jarang habisnya kuota internet bisa disebabkan oleh penggunaan data otomatis di background ponsel. Bahkan banyak juga yang tidak menyadarinya. 

Untuk mematikan penggunaan data di background, lakukan hal berikut ini.

Masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. 

Namun resikonya kamu bakal ketinggalan notifikasi dengan cepat. Hehehe jadi sesuai kan dengan kebutuhan ya.

6. Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota

Lakukan identifikasi aplikasi mana yang lebih banyak menyedot kuota. 

Bagaimana cara nya? 

Buka menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. 

Disinilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota, uninstall saja aplikasi yang banyak nyedot kuota tersebut.

7. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Ada beberapa aplikasi sudah punya pilihan sinkronisasi dan pengaturan kuota internet sendiri-sendiri. Nah supaya bisa lebih hemat, kamu bisa lakukan langkah berikut ini untuk mengatur nya.

Caranya 

Buka menu setting pada aplikasi yang ingin diatur. Kami contoh kan pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings - Back Up & Sync. 

8. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi

Banyak yang tidak menyadari cara setting aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update). Sebaiknya untuk menghemat kuota data  setel saja secara manual, atau update ketika tersambung dengan WIFI. 

Cara nya

Masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. 

Seperti itulah cara menghemat kuota internet yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kalau bisa menghemat kuota, mengapa tidak? Hemat kuota sam dengan menghemat uang ya. 

Terima kasih sudah berkunjung disini, semoga bermanfaat. Dan jangan lewatkan tips menarik lainnya disini ya. Silahkan simak juga Cara Cepat Registrasi Ulang Kartu Indosat, Telkomsel, Tri

Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan tetap semangat menjalani hari.