Perbedaan OFFICE 365 dan OFFICE 2019, Pilih Mana?

Kalian mungkin bertanya-tanya apa saja sih bedanya office 365 dengan office 2019. Dan sebaiknya kita pilih yang mana? Okey pada kesempatan kali ini Blog Tutorial Software akan bahas satu persatu, semoga bisa menjadi tambahan informasi ya gaes.

Jadi kedua office ini, yaitu yang 365 dan 2019 ini punya beberapa perbedaan yang mendasar. Apa saja kah itu? Berikut kami akan jelaskan.

Office 365
Office 2019
Skema Pembayaran
Berlangganan
Sewa
1X Bayar
Beli
Harga
Murah di Awal
Bayar Terus
Dalam Masa Sewa
Mahal di Awal
1X Bayar
Untuk Selamanya
Fitur
Fitur Update Terus
Fitur Tidak Update
Lisensi Penggunaan
Untuk Banyak Device
Fasilitas Ekstra
Untuk 1 PC

1) Skema Pembayaran

Office 365 ini sistem nya adalah berlangganan, jadi kamu diwajibkan bayar bulanan atau tahunan secara rutin.  Sedangkan kalau office 2019 ini, hanya 1 kali bayar. Atau bisa disebut juga kalau office 365 ini sistemnya sewa, sedangkan office 2019 sistem nya adalah beli. 

Perbedaan OFFICE 365 dan OFFICE 2019

2) Harga

Office 2019 ini terkesan lebih mahal, karena dibandrol harga resmi official untuk versi home saja mencapai 1,8 juta rupiah. Sedangkan office 365 terasa lebih murah dengan harga mulai 88rb rupiah perbulan. 

Namun satu hal yang harus kamu ingat adalah office 2019, meskipun terlihat lebih mahal di awal. Tapi cuma butuh 1 kali bayar untuk bisa di pakai sampai kapan pun, tanpa batas waktu. Bahkan kalau ada office baru di rilis nanti, kamu gak harus upgrade gaes. Jadi kamu bisa pakai aja terus office 2019 ini kalau memang mau. 

Sedangkan office 365 meskipun terlihat murah dengan bayar bulanan, tapi ini pembayaran yang terus menerus. Dan begitu kamu berhenti bayar, maka office 365 tidak lagi bisa untuk kamu gunakan. 

3) Fitur

Karena sistemnya sewa, maka microsoft office 365 ini fitur nya terus di update dan terus diperbarui. Setiap ada fitur baru, bakalan langsung di tanamkan oleh microsoft ke office 365. Jadi fitur nya ini up to date banget dan bisa langsung dinikmati oleh semua pelanggan. 

Tetapi kalau office 2019 ini fitur nya gak terus-terus an di update. Saat di rilis kemarin, berbagai fitur baru di office 2019 ini sebenarnya adalah fitur yang sudah ada di office 365 cukup lama. Jadi sudah ada beberapa waktu yang lalu, dai fitur nya bakal stop berhenti di situ. Hanya dapat update security saja yang bakal rutin di berikan. 

4) Lisensi Penggunaan

Office 2019 ini kalau kamu beli, cuma bisa dipakai di 1 PC saja. Jadi lisensi nya untuk 1 PC tetapi kalau si 365 tidak demikian. Jadi office 365 personal misalnya, ini versi yang paling murah. Sekali kamu berlangganan kamu bisa instal di banyak device sekaligus. Termasuk di PC, Mac, Tablet sampai juga di smartphone dengan berbagai OS.

Mana yang sebaiknya di pilih? Office 2019 atau Office 365?

Tentu saja ini tergantung dari kebutuhan dan perhitungan biaya masing-masing orang. Contohnya saja jika kamu sekedar butuh aplikasi office buat 1 PC saja, tidak mementingkan berbagai update fitur baru dan tidak memerlukan cloud storage. Maka beli office 2019 lebih hemat dan efisien, karena kamu cuma perlu bayar 1 kali saja untuk selanjutnya bisa di pakai terus tanpa perlu bayar-bayar lagi.

Dan fitur dasar office sebenarnya tidak pernah berubah, jadi saat office 2022 di rilis nanti misalnya sebenarnya office 2019 juga masih relevan buat di pakai dan updgrade jadi sesuatu yang gak terlalu penting buat pengguna yang mementingkan fungsi. 
Tetapi kalau kamu adalah tipical pengguna yang suka dengan tambahan fitur baru terus-menerus, misalkan saja kamu memerlukan aplikasi office juga di berbagai device, membutuhkan cloud storage berkapasitas yang lumayan besar. Maka langganan office 365 ini, bakal jadi pilihan yang terbaik.  

Nah bagaimana menurut kamu? Seperti itulah ulasan sederhana dari kami mengenai perbedaan office 365 dan office 2019 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat, akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan salam sukses.

0 Response to "Perbedaan OFFICE 365 dan OFFICE 2019, Pilih Mana?"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya