7 Cara Screenshot di Komputer, Mudah & Praktis!

Cara screenshot di komputer dengan mudah dan praktis. Ternyata sreenshot tidak hanya bisa dilakukan di hp saja loh. Kalian juga bisa “memfoto” layar komputer dengan metode ini. Kalau pada komputer, screenshot ini lebih dikenal dengan istilah print screen.

Mungkin dari kalian juga sudah tahu salah satu metode yang bisa dilakukan. Tapi mungkin masih ada beberapa cara lain yang ternyata juga bisa untuk screenshot layar komputer. Nah berikut ini kami sudah rangkum cara screenshot di komputer dengan mudah. Menggunakan kombinasi tombol keyboard saja, silahkan di coba.

1. Pakai Tombol PrtScr

Cara yang pertama ini sangat populer, bahkan mungkin kalian juga sudah mengetahuinya. Dengan memakain cara ini, maka seluruh bagian layar komputer akan tertangkap dengan satu kali pencet saja. 

Cara nya adalah dengan menekan tombol PrtScr yang biasanya ada dibagian kanan atas keyboard. Dan hasil screenshot akan segera tersimpan di clipboard. Lalu kalian hanya perlu mem-paste-nya.

Cara Screenshot di Komputer dengan PrtScr

Kalian bisa mempaste di halaman kerja Office, seperti ms word atau power point. Namun lebih mudah kalau di paste pada aplikasi Paint. Setelah terbuka, silahkan tekan tombol Ctrl+V. Maka hasil tangkapan layar akan segera muncul. Terakhir adalah menyimpan gambar tersebut dengan menekan save dan pilih lokasi penyimpanan seperti biasanya.

2. Dengan Snipping Tool

Aplikasi ini merupakan tool yang sudah ada dan menjadi bagian dari windows. Jadi ini sudah ada di komputer kalian, meski mungkin merasa tidak pernah menginstalnya. Aplikasi ini pertama kali ada pada windows vista. 
Snipping tool ini memang digunakan untuk mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel. Seperti area berbentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif saja maupun layar penuh. 

Cara screenshot dengan Snipping Tool juga sangat mudah. Langsung saja buka aplikasinya, maka akan muncul jendela aktif. Kemudian tinggal pilih bentuk yang spesifik, klik tanda panah yang ada pada bagian sisi kirinya.
Cara Screenshot di Komputer dengan Snipping Tool

Lalu pilih saja area layar yang maun di ambil screenshotnya, dan preview akan segera ditampilkan. Terakhir silahkan simpan hasil tangkapan layar nya seperti biasa, yakni menekan ikan disket yang ada pada bagian kiri atas. Untuk lebih mudah nya kalian bisa menempelkan aplikasi Snipping Tool ini dibagian Taskbar. 

3. Pakai Tombol Alt + PrtScr

Cara lain adalah dengan menggunakan tombol tersebut secara bersamaan. Dengan menggunakan tombol ini, maka akan mengambil screenshot hanya dari jendela yang sedang aktif saja. 

Kemudian ulangi cara mem-paste seperti pada langkah sebelumnya, yakni menggunakan Paint. Perlu juga untuk diketahui, bahwasannya pada beberapa komputer mungkin harus menekan tombol Alt+Fn+PrtScr.

4. Tombol Windows + Shift + S

Dengan menekan gabungan tombol ini, maka layar komputer kalian akan nampak berubah menjadi abu-abu. Dan kursor akan berubah bentuk menjadi ikon plus. Kalian bisa memilih area tertentu dilayar yang ingin diambil screenshotnya, yakni dengan cara klik dan drag ya. Screenshot pada area yang terpilih tadi akan disalin pada clipboard, dan hasilnya tinggal di paste pada aplikasi Paint seperti biasanya ya.

5. Menggunakan Aplikasi Dropbox

Sudah tahu aplikasi Dropbox bukan? Ternyata layanan cloud Dropbox ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil screenshot. Pastinya dengan cepat dan juga otomatis ya, pokoknya mudah banget. Nah untuk mengaktifkan ditur ini, pastikan sudah memasang Dropbox ya. Lalu klik foto profil kalian yang ada pada bagian sisi kanan atas dan pilih menu Preferences. Setelah itu klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan "Save screenshots to your Dropbox".


Untuk menyimpan screenshot ini cukup mudah. Bagi pengguna sistem operasi Windows, kalian tinggal memencet Print Screen dan Dropbox akan langsung menyimpannya di akun kalian.

Jika kalian memencet Ctrl + Print Screen, maka kalian bisa menyimpan screenshot ke akun Dropbox dan meng-copy linknya, lantas mempaste link itu ke body email, Facebook, atau lainnya. 

Untuk melihat hasil screenshot, kalian bisa ke folder Dropbox yang ada di Windows Explorer dan masuk ke folder Screenshots. Mudah bukan?

6. Pakai Tombol Windows + PrtScr

Selanjutnya adalah menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtScr. Cara ini adalah metode yang paling efisien, kenapa? Karena kalian sudah tidak perlu repot-repot lagi menyalin gambar di aplikasi Paint. Namun, perlu untuk diketahui bahwa metode ini hanya bisa dilakukan pada Windows 10 saja.

Caranya adalah dengan menekan secara bersamaan tombol Windows (yang ada di antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr. Hingga layar komputer berkedip. Kemudian untuk melihat hasil jepretan layar komputernya, langsung saja cek di C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

7. Menggunakan Game Bar

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya pawa Windows 10 terdapat fitur Game Bar. Yakni aplikasi yang memungkinkan para pengguna untuk merekam cuplikan dan mengambil screenshot game. Nah sebelum menggunakan Game Bar ini, pastinya kalian wajib membuka aplikasi Xbox terlebih dahulu. Fitur tersebut sudah ada dan menjadi fitur bawaan Windows 10.

Kalau sudah terbuka, silahkan buka pengaturan di aplikasi tersebut. Cari opsi Game DVR, lalu klik toggle “Take screenshots using Game DVR”.

Atau juga kalian bisa memakai kombinasi default dengan menekan tombol “Windows + G”. Selain itu juga bisa memasukkan kombinasi tombol pilihan kalian sendiri untuk membuka Game Bar.

Saat ingin menangkap layar, silahkan tekan saja tombol Windows + G atau tombol pilihan kalian tadi. Dan klik kotak “Yes, This is a game” jika muncul. 

Setelah itu klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot. Hasil screenshot dapat diilihat di C:Users[nama user]VideosCaptures.

Itulah cara screenshot di komputer dengan sangat mudah dan praktis. Kini tinggal kalian pilih mana yang sesuai dan terbilang paling simple. Semoga info sederhana ini bisa bermanfaat ya, terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba. 

0 Response to "7 Cara Screenshot di Komputer, Mudah & Praktis!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya