Cara Screenshot Panjang di Laptop dengan Praktis

Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah, kamu bisa menggunakan add ons atau tidak. Nanti bakal kami jelaskan satu per satu. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Screenshot adalah suatu proses menangkap layar pada hp maupun laptop. Dan hasil dari screenshot ini adalah gambar. Apakah kamu menganggap screenshot hanya bisa dilakukan pada hp saja? Ternyata juga bisa dilakukan di laptop loh. Bahkan screenshot panjang pun juga bisa dilakukan dengan mudah, nanti akan kita bahas.

Kegiatan screenshot ini biasanya sering dilakukan oleh para penulsi konten maupun mahasiswa yang sedang mencari sumber buku online. Yang notabenya bersumber dari media online bukan media cetak. Tapi tidak jarang pula yang memanfaatkan screenshot ini untuk kebutuhan upload di media sosial.

Nah kemarin kita sudah bahas mengenai cara screenshot di hp, kalau sekarang kita akan jelaskan cara screenshot di laptop. Kalau pakai tombol manual di keyboard sudah biasa ya, dan mungkin akan mengalami kesulitan saat mau mengambil gambar yang utuh. 


Dan sering kali saat kita buka halaman website yang melebihi layar komputer. Jadi kalau di capture dengan cara biasa, nanti bakal terpotong dan gak enaklah jika dilihat. Maka dari itu kita perlu yang namanya screenshot panjang, biar semua info di halaman web tersebut bisa ter jepret seluruhnya dalam satu gambar. Bagaimana caranya?

Karena browser yang paling populer ada Google Chrome dan Mozila Firefox, maka kita akan bahas satu per satu ya. Simak penjelasan dari kami berikut ini.

Cara Screenshot Panjang pada Google Chrome

Untuk yang pertama, kita akan bahas untuk screenshot menggunakan Google Chrome. Kalau kamu memakai browser ini, maka harus gunakan add-ons. Caranya mudah saja kok, tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka situs extension Add-ons Fireshot
    Add Ons Screenshot Panjang di Laptop
  • Kemudian klik Tambahkan ke Chrome dan tunggu proses pemasangan selesai
  • Untuk melakukan screenshot panjang pada web yang sobat kunjungi, klik Icon S.
  • Kemudian pilih Tangkap Seluruh Halaman
    Cara Screenshot Panjang di Laptop
  • Lalu Save as Image, Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk file gambar, ataupun juga dalam bentuk file Pdf. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih disana. Coba lihat bagian sebelah kanan. Bahkan kamu juga bisa langsung mencetakknya.
    Cara Menyimpan Screenshot Panjang di Laptop
  • Hasil screenshot akan terdownload dan tersimpan di laptop. Nah berikut ini akan kami tampilkan hasil dari screenshot sebagai contoh. 
    Hasil Screenshot Panjang di Laptop

Cara Screenshot Panjang pada Mozila Firefox

Kalau kita menggunakan browser Mozila Firefox, maka tidak perlu lagi memakai add-ons dan juga aplikasi tambahan ya. Kenapa? Karena Mozila Firefox sudah dilengkapi dengan fitur screenshot panjang. Kamu bisa langsung screenshot halaman website secara langsung tanpa aplikasi, add-ons maupun menekan tombol print screen. Dan perlu untuk diketahui, bahwa fitur ini disematkan pada Firefox Quantum versi 57 ke atas.

Menariknya lagi, dengan ini kita bisa screenshot (SS) panjang di laptop satu halaman penuh hanya dengan beberapa klik saja. Rumornya juga aplikasi browser Mozila Firefox Quantum ini lebih cepat dan 30% lebih ringan dari pada Google Chrome. Semakin penasaran bukan? Simak langkahnya berikut ini.
  • Jalankan Mozila Firefox dan buka halaman web yang mau kamu screenshot.
  • Lalu klik ikon tiga titik di ujung Address Bar sehingga muncul menu drop-down. Kemudian klik Take a Screenshot.
    Cara Screenshot Panjang dengan Mozila Firefox
  • Maka akan muncul opsi, di antaranya: 
    • Screenshot halaman penuh memanjang ke bawah (Save full page)
    • Screenshot halaman yang terlihat (Save visible)
      Cara Screenshot Panjang dengan Mozila Firefox
  • Hasil screenshot tersimpan di cloud (My Shots). Pilih opsi yang pertama “Save full page”.
  • Kemudian kamu bisa mengeklik tombol Download untuk menyimpannya ke laptop atau Save untuk meng-upload ke penyimpanan awan Mozilla.
  • Jika kamu save ke Cloud, gambar akan terhapus secara otomatis setelah 14 hari.
Itulah cara screenshot panjang di laptop yang bisa kamu lakukan. Cara ini bisa dilakukan pada Windows, Linux dan Mac OS. Kalau kamu ada trik lain untuk screenshot panjang dan lebih mudah lagi. Silahkan bisa dibagikan di kolom komentar dibawah ini ya. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, silahkan langsung dipraktekkan di laptop kamu ya dan semoga berhasil. 

0 Response to "Cara Screenshot Panjang di Laptop dengan Praktis"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya