Cara Screenshot Panjang di Android Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara screenshot panjang di Android khususnya pada hp Xiaomi ternyata sangat mudah loh. Mungkin ada sebagian dari kita yang masih belum tahu dengan cara berikut ini. Meski sebenarnya fitur ini sudah ada dan tertempel di hp Xiaomi masing-masing. Dengan adanya fitur screenshot panjang atau juga biasa disebut long screenshot, kalian menjadi lebih mudah untuk melakukan proses memfoto layar hp android. Kalau biasanya kan kita Cuma bisa memfoto layar yang terlihat saja. Namun dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengambil screenshot dalam area yang panjang secara menyatu. Daripada kami menggunakan metode biasa saja yang hanya bisa menangkap satu layar saja.

Cara Screenshot Panjang

Misal kamu sedang membuka sosial media, disana ada berita atau cerita yang memiliki halaman panjang. Kalau menggunakan metode screenshot biasa, maka halaman tersebut bakal terpotong. Tapi dengan menggunakan fitur ini, kamu bakal bisa mendapatkan halaman tersebut secara penuh dan memanjang. 

Apakah kamu perlu memasang aplikasi tambahan? Xiaomi sangat tahu jawaban akan hal tersebut. Dimana biasanya para pengguna hp android ini enggan menghabiskan memori internal nya untuk sekedar memasang aplikasi biasa. Jadi tenang saja, untuk si Xiaomi ini kamu tidak perlu menambahkan atau memasang aplikasi lain.


Kamu cukup melihat panduan yang bakal kami sajikan berikut ini saja. Fitur long screenshot ini sudah ada kok di hp Xiaomi kamu. Bagaimana cara screenshot panjang? Yuk simak penjelasan nya berikut ini.

Cara Screenshot Panjang di Semua HP Xiaomi

  1. Silahkan nyalakan hp mu terlebih dahulu ya.
  2. Lalu buka halaman yang bakal kamu screenshot panjang, kalau kami bakal mencontohkan pada halaman facebook.
  3. Tekan tombol screenshot di hp Xiaomi kamu (Tombol screenshot kami adalah dengan menekan lama menu utama). Oh iya untuk settingan tombol screenshot biasanya berbeda-beda. Ada beberapa pilihan, ada yang menekan lama tombol menu utama atau juga menekan tombol power + volume secara bersamaan. Baca juga : Cara Setting Screenshot di Hp Xiaomi
  4. Sehingga nanti layar akan berkedip dan suara shutter akan terdengar telinga.
  5. Akan muncul gambat kecil dibagian kanan layar hp Xiaomi.
    Screenshot Panjang di Android
  6. Sentuh gambar kecil tersebut.
  7. Maka akan muncul menu baru untuk melakukan long screenshot. Seperti pada gambar berikut ini. Silahkan tekan menu scroll atau gulir ya.
    Cara Screenshot Panjang Xiaomi
  8. Secara otomatis hp Xiaomi kami akan membuat area yang bakal di screenshot, dengan bergeser secara perlahan.
  9. Kalau dirasa sudah cukup area screenshotnya, maka langsung saja tekan tombol selesai.
  10. Gambar screenshot panjang kamu secara otomatis akan tersimpan digaleri. Setelah itu kami bisa mengedit, membagikan atau menghapusnya.
    Hasil Screenshot Panjang Android
Sangat gampang kan? Dengan menggunakan fitur long screenshot ini kamu bisa menangkap konten apa aja yang ada dilayar. Dan pastinya bisa menangkap foto secara menyeluruh dan menyimpan di galeri.

Masih bingung? Merasa pusing dengan penjelasan berbentuk tulisan? Yuk lihat video cara screenshot panjang di Android berikut ini. Semoga bisa membantu kamu untuk memahami langkah-langkah nya.

Fitur ini bakal sangat berguna untuk memfoto beberapa keterangan yang panjang, baik itu dari aplikasi media sosial atau lainnya. Penasaran dan ingin segara mencobanya? Silahkan coba sendiri di hp kamu masing-masing ya. 

Catatan :

  • Fitur ini bisa digunakan untuk screenshot berbagai aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi. Bahkan mungkin semua aplikasi media sosial bisa ya.
  • Namun tidak semua aplikasi mendukung fitur screenshot panjang ini. Misalnya untuk memfoto halaman situs website yang dibuka menggunakan browser di hp Xiaomi, fitur ini masih belum bisa. Jadi solusinya bagaimana? Kamu bisa gunakan aplikasi long screenshot di playstore. Baca selengkapnya : Aplikasi Screenshot Panjang untuk Semua HP
Mungkin itu dulu ya yang bisa kami sampaikan kepada teman-teman sekalian. Kalau ada kurangnya mohon memberikan masukan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk rasa penasaran kalian. Akhir kata selamat mencoba dan semoga berhasil ya kawan.