Cara Upgrade Android dengan Mudah, Lebih Praktis!

Cara upgrade android dengan mudah semoga bisa bermanfaat untuk anda. Terutama yang saat ini ingin merasakan yang terbaru dari android. Seperti yang telah kita ketahui, android selalu berkembang menjadi sesuatu yang mutakhir dan lebih baik lagi. Setiap tahun Google rutin melakukan upgrade OS android ke versi yang telah di sempurnakan atau android versi terbaru. 

Hal ini tentunya untuk memberikan fitur baru dan perbaikan kinerja. Dari zaman ginggerbread, ice cream sandwich, jelly bean, kitkat, lollipop hingga marsmellow. Hal inilah yang membuat android berkembang pesat di bandingkan para pesaingnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh android adalah, kemudahan nya dalam hal upgrade OS nya. Bahkan android versi lama sekalipun bisa menikmati sistem terbaru yang terupdate.

Cara Upgrade Android dengan Mudah


Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara upgrade OS Android versi terbaru dengan mudah dan cepat? Pada kesempatan kali ini kami sudah mengupasnya secara lengkap. 

Upgrade android sekilas memang terlihat mudah, tinggal unduh filenya lalu pasang. Padahal tidak seperti itu juga. Karena tidak semua android akan mendapatkan update versi OS. Terus bagaimana kalau tidak mendapatkan update an nya? Simak terus penjelasannya ya. 

Cara Upgrade Android dengan Mudah

Pada dasarnya, setiap Andorid itu memliki OTA (Over The Air) pembaruan. Sehingga aka nada pemberitahuan jika ada update terbaru. Kalau memang demikian, maka akan semakin mudah melakukan upgrade android.

Anda tinggal masuk ke Setting → About phone → Pilih Pembaruan Sistem → Dan klik Periksa Pembaruan.

Cara Upgrade Android

Jika pembaruan tersedia, silahkan download file nya dan pasang untuk memulai upgrade android.

Bagaimana kalau tidak ada pembaruan? 

Hal ini berarti produsen android yang anda beli tidak memberikan upgrade android tersebut. Sebab kedua adalah ada pembaruan tapi tidak terdeteksi di OTA.

Kalau memang demikian, ada langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan. Yakni dengan masuk ke situs resmi produsen android kita, lalu cari versi pembaruannya disana.

Contoh jika hp anda adalah ASUS Zenfone 4 yang OS nya masih android kitkat dan ingin mengupgradenya jadi lollipop. Dan tidak ada pembaruan terdeteksi di OTA. Maka silahkan langsung saja pergi ke situs resmi ASUS untuk mendapatkan upgrade android ke lollipop.

Hal ini juga berlaku untuk jenis smartphone lain, jadi langsung kunjungi situs resmi masing-masing saja untuk dapatkan filenya disana. Lalu pasang OS terbarunya nya di hp anda.

Bagaimana jika pembaruan masih tidak tersedia?

Keep smile, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan. Yakni dengan jalan memakai custom ROM. Apa itu?

Cara ini sama seperti update sistem biasa, tapi cara ini bukanlah cara resmi dari Google melainkan dari orang kreatif yang hobi oprek android. Inilah cara upgrade android untuk yang tidak mendapatkan update resmi dari pihak google.

Caranya cukup sederhana, silahkan unduh filenya custom ROM untuk android di Forum XDA Developers. Kemudian pilih yang sesuai dengan merk android yang anda pakai. Tenang saja, jangan kuatir kawan. Meski android sudah tua, anda akan tetap bisa menikmati android versi terbaru yang sudah di rilis saat ini.

Bagaimana Cara Install Custom ROM?

Cara install custom ROM akan kami bahas disini. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terlebih dahulu :
  • Custom ROM adalah buatan developers pihak ketiga (bukan pengembang resmi), jadi kita harus benar-benar memperhatikan kualitas custom ROM tersebut. 
  • Caranya adalah dengan melihat komentar teman yang pernah mencoba custom ROM tersebut, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Karena se sempurna apapun ROM, pasti ada kekurangannya. Bahkan Stock ROM sekalipun.
  • Pastikan custom ROM benar-benar untuk perangkat yang akan anda install.
  • Jangan lupa backup. Hal ini untuk jaga-jaga jika ada kegagalan dalam menginstal Custom ROM, bisa direstore (dikembalikan) ke kondisi terakhir saat dibackup.
Caranya Backup :
    • Masuk menu CWM recovery
    • Pilih Backup dan restore
    • Pilih Backup, dan tunggu sampai prosesnya selesai
Cara menginstall custom ROM biasanya menggunakan CWM (Clock Work Mod) recovery. Untuk cara menginstall CWM Recovery berbeda tiap tipe perangkat Android, silahkan cari yang sesuai dengan tipe smartphone yang akan di oprek.

Cara Menginstal Custom ROM
  • Ketika Handheld dalam kondisi mati, masuk ke Recovery mode (tentunya yang sudah dipasang CWM, jangan Recovery bawaan) cara masuk menu CWM pun berbeda-beda tiap tipe smartphone, tergantung developer yang membuat CWM tersebut. Ada yang dengan menekan tombol back terus menerus, ada yang dengan menekan tombol power atas / bawah sambil menekan power dan ada juga yang cukup dengan cara menyentuh layar
Cara Upgrade Android
  • Setelah masuk ke recovery mode, pilih wipe data / factory reset.
  • Pilih wipe cache partition
  • Pilih advance kemudian wipe dalvik cache
  • Kemudian kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol back, kemudian pilih install zip from sd card
  • Cari file Custom rom yang sudah disiapkan di SD card
  • Pilih yes, kemudian tunggu progress penginstallan sampai statusnya complete.
  • Reboot Perangkat Android anda, Maka Android anda pun sudah berganti Operasi system menjadi yang sudah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga.
Booting pertama mungkin akan memakan waktu yang agak lama, tapi jika terlalu lama mungkin anda mengalami bootloop.Hal ini bisa  diakibatkan oleh custom ROM yang tidak cocok ataupun custom ROM yang bukan untuk perangkat tersebut.

Jika terlanjur seperti itu, anda tidak perlu kuatir karena masih bisa diperbaiki dengan cara merestore ke kondisi ketika di backup.

Cara merestore, caranya hampir sama dengan waktu kita membackup :
  • Masuk menu CWM recovery
  • Pilih menu Backup dan restore
  • Pilih restore
  • Cari file hasil backup an, biasanya ada di folder Clockworkmod
  • Tunggu hingga proses restore selesai
  • Reboot perangkat anda.
Jika anda gagal, maka bisa coba custom ROM lain yang cocok. Good Luck, semoga berhasil. Demikianlah cara upgrade android yang bisa kami infokan kepada anda. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda sekalian. Untuk menambah wawasan, silahkan baca juga artikel kami lainnya seperti 7 Harga Hp 4G dibawah 1Jt dan Spesifikasinya, Lengkap!

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami ini, tunggu update selanjutnya dari kami. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan tetap semangat.

0 Response to "Cara Upgrade Android dengan Mudah, Lebih Praktis!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya