Cara Membuat Halaman di Word, Beda Format dalam 1 File!

Cara membuat halaman di word dengan mudah menggunakan page number. Tapi bedanya, disini ada sedikit modifikasi ya gaes. Kalau biasanya kan kita pakai cara biasa saja, karena format nya sama. Nah kalau yang akan kita bahas disini adalah yang memiliki format halaman yang berbeda tapi dalam satu file. 

Pernahkah anda membuat makalah maupun skripsi? Kalau pernah, pastinya anda tahu dong ada beberapa penomoran halaman yang berbeda format. Yang bagian cover, kata pengantar dan daftar isi biasanya pakai format (i, ii, iii ... ) dan bagian pendahuluan menggunakan format (1, 2, 3 ...) benar gak?

Bagaimana cara cara membuat halaman di word untuk makalah dalam satu file? Karena kalau dalam satu file itu, saat kita gunakan page number maka secara otomatis semua halaman akan berada pada format yang sama. Benar kan?

Cara Membuat Halaman di Word Beda Format

Makanya inilah solusi yang kami tawarkan kepada anda yakni dengan melakukan langkah berikut ini tentang cara membuat halaman di word yang berbeda format tapi dalam satu file.

Langkah ini sangat cocok untuk dipraktekkan untuk anda yang sedang membuat karya tulis, seperti skripsi dan thesis sekalipun. Baiklah ini dia cara membuat halaman di word untuk skripsi yang sudah kami rangkum dalam beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Halaman di Word 

  • Siapkan file nya yang terdiri dari Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab 1, Bab 2 dan seterusnya hingga Penutup.
  • Karena halaman pertama berupa Cover maka, silahkan klik Different First Page. Tujuan nya adalah supaya nomor halaman tidak muncul di cover.
    Cara Membuat Halaman di Word untuk Makalah
  • Ke halaman selanjutnya yakni kata pengantar silahkan gunakan page number nya. Pilih yang sesuai dengan aturan peletakan nomor halaman.
    Cara Membuat Halaman di Word untuk Skripsi
  • Cara nya yaitu klik Insert – Page Number dan pilih format yang sesuai, biasanya menggunakan format (i, ii, iii ....)
  • Lanjut ke halaman selanjutnya yakni bagian Daftar Isi disini biasanya berbeda dengan format halaman di pendahuluan. Kalau di daftar isi masih  menggunakan format (i, ii, iii ...) dan bagian pendahuluan format nya (1, 2, 3 ...) Bagaimana caranya?
  • Gampang kok, silahkan klik Page Layout – Break – Next Page 
    Cara Membuat Halaman di Word
  • Menuju ke halaman Pendahuluan silahkan klik page number dan sesuaikan format nya yakni dengan merubah jadi format (1, 2, 3 ...). Lihat perubahan yang terjadi dan akhirnya sudah deh selesai.
    Cara Membuat Halaman di Word Beda Format dalam 1 File
     

Untuk lebih jelasnya kami sudah menyiapkan video tutorial nya secara lengkap dan lebih praktis tentunya. Semoga bisa bermanfaat ya.


Seperti itulah cara membuat halaman di word yang bisa kami bagikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Tidak hanya itu saja kawan, apakah perkerjaan anda sudah selesai setelah kita membuat penomoran halaman? Pastinya masih belum kan?

Jadi disini masih butuh juga cara membuat daftar isi secara otomatis di word semuanya serba otomatis. Kalau kalian masih melakukan nya secara manual, mungkin cara ini bisa menjadi solusi terbaru untuk anda. 

Dan akhirnya kini kita sudah berada di penghujung artikel mengenai cara membuat halaman di word yang berbeda format. Jika masih bingung, silahkan ajukan pertanyaan anda kepada kali secara langsung. 

Tinggalkan di kolom komentar ya, kami akan merespon nya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Selamat mencoba dan semoga sukes selalu.