7 Kesalahan Paling Fatal Saat Charge Ponsel Mu

Gimana rasanya ya kalau kamu kehabisan baterai pas lagi main game, pasti kami bakal kesel banget kan? Tapi kalian tahu gak sih gaes, kalau baterai smartphone itu semakin lama semakin berkurang kualitasnya. Atau dengan kata lain, termakan umur lah ya. Dan hal tersebut diper parah jika kamu terlalu sering melakukan kesalahan saat pengisian baterai. Bahkan nih gaes, bisa aja smartphone kamu meledak akibat kerusakan baterai tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini Tutorial Software akan beritahu kamu nih. Kesalahan apa aja yang dapat membuat baterai kamu cepet rusak.

1) Mengisi daya 0 – 100%

Kita sering banget kan menggunakan smartphone hingga baterai nya mencapai 5% atau bahkan 0%. Kalian tahu gak sih? Kalau hal itu sangat berbahaya loh. Karena dapat memperpendek umur dari baterai kita. Sebenarnya baterai ponsel itu sudah dirancang baik gaes, pada kapasitas 30 hingga 80%. Jadi kalau sudah 30% sebaiknya, cepat-cepat untuk di charge.

Cara Charge Hp yang Benar

Terus juga nih gaes, kalau sudah mencapai 80% paling mentok 90% lah ya. Itu sebaiknya di cabut saja, jadi jangan nunggu sampai 100%. Faktanya gak usah ngisi sampai terlalu penuh, karena tegangan tinggi justru bisa menekan baterai walau secara langsung tidak merusak baterai. Tapi secara bertahap akan mengurangi umur baterai tersebut loh gaes. Hal ini juga berlaku untuk pengisian daya yang mulai dari dibawah 20%.

2) Kabel Charger Terlalu Panjang

Hayo siapa yang suka menggunakan kabel charger yang panjang, agar bisa selalu menggunakan nya di smartphone. Padahal nih gaes, semakin panjang kabel charger kalian akan mengakibatkan power dari sumber daya akan memberikan efek panas pada ponsel kalian.

Kabel Charger Terlalu Panjang

Coba deh kalian perhatikan, pada saat kalian beli power bank pasti kalian akan mendapatkan kabel yang lebih pendek. Guna untuk menghindari daya yang hilang karena kabel yang panjang gaes.


3) Sering Menggunakan Power Bank

Siapa disini yang mau smartphone nya dalam keadaan mati. Kebutuhan kita dalam menggunakan smartphone membuat kita tergantung pada power bank gaes. Tapi ternyata power bank tidak baik terhadap smartphone jika digunakan terus menerus loh.

Charge Menggunakan Power Bank

Pasal nya, panas yang dipancarkan dari pengisian powerbank akan merusak baterai ponsel secara berkala. Jadi kalau lagi dirumah, sebisa mungkin jangan pakai power bank ya gaes. Cukup gunakan power bank kalau lagi diluar atau memang disaat darurat. Seperti pada saat mati lampu, atau lagi di tempat umum yang memang tidak memungkinkan adanya colokan listrik.

4) Menggunakan Charger Nirkabel

Emang sih ya, paling enak menggunakan charger nirkabel. Atau biasa disebut dengan wireless charger, karena kamu tidak perlu lagi menggunakan kabel untuk mengisi daya baterai smartphone kalian. Tapi gaes, kalian tahu gak sih. 

Menggunakan Charge Nirkabel

Dengan pengisian model nirkabel ternyata baterai smartphone lebih rentan untuk rusak loh. Karena wireless charging ini memancarkan panas yang cukup banyak. Lagi pula gaes, untuk menggunakan wireless charging ini kalian harus beli lagi perangkat terpisah dari smartphone kalian. Yang mana harga nya lumayan mahal loh ya.

5) Charge Ponsel Baru

Masih banyak dari kita yang berpendapat, bahwa smartphone yang baru dibeli harus dicharge sampai penuh gaes. Hal tersebut memang benar, tapi hanya untuk ponsel yang masih menggunakan baterai berbasis nikel.

Sedangkan untuk baterai berbasis Li-ion dapat digunakan langsung setelah kamu membelinya. Ini juga menjadi alasan mengapa saat kamu membeli baterai, kamu sudah mendapatkan setengah dari daya baterai tersebut. Sehingga kamu bisa langsung menggunakan ponsel tersebut, ketika baru dibeli.

6) Charge Saat Tidur

Kebiasaan buruk ini nampaknya sering banget kita lakukan ya gaes. Faktanya mencharge ponsel lebih dari 3 jam atau bahkan sampai terbangun dari tidur akan mengakibatkan kerusakan pada baterai. Parahnya lagi ada loh, smartphone yang meledak gara-gara hal tersebut. Jadi mulai sekarang kalau charge ponsel, jangan di tinggal tidur ya gaes.

Charger Saat Tidur

7) Menggunakan Smartphone Saat di Charge

Banyak yang berpendapat jika ponsel sedang di charge, itu tidak boleh digunakan. Karena dapat mengakibatkan kebocoran pada baterai tersebut. Ternyata nih gaes, hal tersebut hanyalah mitos. 

Kamu dapat menggunakan smartphone, meskipun saat di charge. Hanya saja pengisian nya akan memakan waktu sedikit lama gaes. Jadi gak perlu lagi tuh, takut menggunakan ponsel saat sedang di charge.

Menggunakan Smartphone Saat di Charge

Yang harus di hindari adalah ketika kamu membuka terlalu banyak aplikasi di waktu yang bersamaan saat smartphone lagi di charge gaes, nah itu baru gak boleh.

Gimana? Sudah ngerti kesalahan apa aja kesalahan-kesalahan fatal yang dapat merusak baterai smartphone kamu? Kalau belum paham, kita bisa diskusi dikolom komentar ya gaes. Kamu juga bisa request tips dan trik menarik apa aja yang akan kita bahas selanjutnya. 
Dan jangan lupa untuk like dan share ya, karena berbagi itu indah.

0 Response to "7 Kesalahan Paling Fatal Saat Charge Ponsel Mu"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya