7 Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu, Agar Gak Ketipu!

Terkadang gengsi yang tidak dapat di kontrol, memaksa kita harus membeli barang-barang palsu atau KW ya gaes. Nah karena itulah, barang KW di Indonesia sudah sangat merajalela. Jadi kita semakin sulit membedakan, mana smartphone yang asli dan mana yang palsu.Nah pada kesempatan ini, kami Tutorial Software akan berbagi tips paling ampuh untuk membedakan smartphone asli dan palsu atau kaleng-kaleng. Mau tau apa saja tips nya? Berikut ini kami sudah merangkumnya.

1) Detail di Smartphone

Pasti ada detail khusus yang di buat oleh produsen ya gaes. Biasanya berupa nama, atau logo perusahaan mereka. Nah, kalian bisa perhatikan nih, detail font yang digunakan dan yang ada di smartphone kalian. Jika ternyata hurufnya mudah pecah dan gak rapi, sudah bisa dipastikan smartphone itu palsu gaes. Selain font, detail pada ponsel juga perlu di perhatikan loh ya. Seperti pada charger atau pun headset.

Cara Membedakan Ponsel Asli dan Palsu

2) Buku Petunjuk Pemakaian

Buku petunjuk smartphone yang asli biasanya menggunakan bahasa yang sesuai dengan tempat kamu membelinya gaes. Kalau kalian membelinya di Jepang, biasanya buku petunjuknya ya bahasa Jepang. Begitu pula kalau kalian belinya di Indonesia, ya pasti nya buku petunjuk berbahasa Indonesia gaes. 

Kenapa begitu? Soalnya biar bisa dipahami oleh para penggunanya gaes. Tapi ini gaes, bila kalian menemukan buku petunjuk dengan bahasa lain. Itu bisa jadi kalau smartphone kalian adalah palsu atau hasil dari black market.

3) Kardus Smartphone

Saat kalian beli ponsel, pastikan kardus yang kalian beli masih di bungkus dengan rapi ya gaes. Karena untuk menjamin smartphone tersebut benar-benar baru. Produsen ternama pasti akan mengemas produk nya dengan packaging dan kemasan yang baik. Tapi smartphone palsu akan terkesan kurang rapi dan terkesan asal asal an. 

Gak cuma itu saja, tulisan pada kardus smartphone yang asli akan terlihat lebih terang dan mudah di baca. Jadi coba cek kardus kalian lagi gaes, gimana bentuknya.

4) Cek IMEI Smartphone

Nah, ini penting banget nih. Yang pertama kalian harus pastikan gaes, kalau nomor IMEI pada book smartphone kalian sama dengan yang ada di smartphone ya.

Cara ngeceknya gampang kok, Kalian hanya perlu tekan *#06# dismartphone kalian. Selain itu, kalian juga bisa cek nomor IMEI melalui situs imei.info

Jika muncul angka yang sesuai, berarti ponsel kalian asli gaes. Tapi jika gak sama, maka bisa dipastikan kalau smartphone yang kalian beli adalah kaleng-kaleng alias palsu.

Cek IMEI Smartphone

5) Cek Kabel USB

Hal yang ini juga sangat penting banget loh gaes, apabila kabel USB memiliki panjang plug yang tidak sesuai dengan kedalaman, atau bentuk pada port USB. Maka bisa dipastikan ponsel tersebut adalah KW.

Selain itu, kalau kalian memiliki smartphone yang asli. Sebaiknya jangan gunakan charger yang paslus gaes. Kenapa begitu? Karena aliran listrik yang mengalir ke smartphone kalian tidak sesuai dengan prosinya. Malah bisa-bisa ponsesl kalian akan panas dan meledak loh gaes. 


6) Kualitas Produk

Sudah dibuka dan mau digunakan, eh ternyata smartphone kamu material nya tidak berkualitas. Dan bahkan terlihat nampak asal jadi saja. Maka sudah bisa di pastikan bahwa ponsel kamu fake gaes. Gak cuma body saja, material seperti adapter charger juga harus diperhatikan baget loh. Mending langsung dikembalikan saja ke penjual nya. 

7) Harga yang Murah

Jika kamu menemukan penjual ponsel yang seperti ini? Jangan langsung mudah tergiur ya gaes. Karena kemungkinan barang tersebut adalah barang KW atau palsu. Nah, biar aman dan gak kena tipu. Kalian bisa beli ponsel di tempat resminya gaes. Ya gak papa deh mahal dikit, yang penting asli dan garansi nya jelas.

Nah itu dia gaes, berbagai tips untuk membedakan smartphone yang asli dan palsu. Apakah kalian punya pengalaman mengenai ponsel palsu? Boleh lah kalau ingin menuliskannya di kolom komentar ya. 

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kalian ya, jangan lupa untuk like dan share tips ini kepada teman-teman kalian ya. Akhir kata sampai berjumpa lagi dan salam sukses. 

0 Response to "7 Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu, Agar Gak Ketipu!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya