Cara Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi dengan Rapi

Cara membuat titik-titik pada daftar isi secara cepat dan praktis, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara lengkap dan gamblang supaya kalian bisa mempraktekkannya secara langsung. Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya daftar isi merupakan salah satu hal pokok yang wajib ada pada karya tulis. Entah itu pada makalah, buku maupun bentuk karya lainnya. Kalau kalian ada tugas membuat makalah di sekolah maupun kampus, tapi masih merasa bingung dengan cara membuat daftar isi. Terutama khususnya pada saat membuat daftar isi, karena pada daftar isi ini ada yang namanya titik-titik panjang berujung pada halaman.

Pernahkah kalian berfikir kalau itu dibuat secara manual? yaitu dengan cara menekan tombol titik sebanyak-banyaknya hingga pada batas akhir kertas? Sebenarnya sih boleh juga memakai cara tersebut, namun nanti biasanya akan timbul keamburadulan alias tidak lurus. Jadi malah tidak rapi dan terkesan kurang bagus.

Sedangkan pada kenyataannya pada makalah kok bisa lurus dan rapi ya? Jawabannya adalah dengan menggunakan modifikasi tab pada microsoft word. Ingin tahu lebih jelasnya? yuk simak penjelasannya berikut ini kawan.

Cara Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi

Jadi pada intinya kita hanya memakai modifikasi tombol tab pada keyboard, meski dibilang mudah namun kenyataanya masih banyak yang belum menguasai sepenuhnya. Harapan kami setelah adanya panduan ini semoga kalian bisa menjadi lebih mahir dalam membuat daftar isi. Baiklah sekarang langsung saja simak langkah cara membuat titik pada daftar isi secara otomatis.
  • Buka halaman kerja kamu seperti biasanya, lalu ketikkan seperti susunan format daftar isi yang kamu inginkan. Dalam hal ini kami contohkan seperti pada gambar, yakni yang awal adalah halaman cover.
  • Letakkan kursor pada tulisan cover, lalu klik kanan. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar, setelah itu pilih saja PARAGRAPH. 

Cara Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi

  • Kemudian akan muncul kotak perintah sepeti ini, silahkan klik saja pilihan TAB. Ini adalah kunci dari semuanya, kita akan memodifikasi pilihan TAB nya.

Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi dengan Rapi

  • Ketika sudah muncul kotak dialog seperti gambar berikut ini, silahkan atur seperti pada gambar berikut ini. 
  • Pertama, adalah kolom untuk membuat batas akhir dari titik daftar isi ini. Kalau kami sering menggunakan jarak 15.
  • Kedua, adalah pilihan memodifikasi tombol TAB nya. Kita pilih yang opsi kedua, yang berisi titik-titik rapi.
  • Ketiga, tekan tombol SET.
  • Keempat, untuk mengampikasikan semua pengaturan kita tekan OK.  

Cara Titik-Titik Daftar Isi Rapi

  • Sekarang tinggal tekan saja tombol TAB pada keyboard, maka secara otomatis akan muncul titik daftar isi yang rapi seperti pada gambar berikut ini. Tandanya adalah muncul simbol L pada bagian penggaris yang ada diatas itu.

Cara Membuat Daftar Isi

Setelah kita mengetahui cara membuat titik-titik pada daftar isi, biasanya kan kita jumpai juga ada beberapa judul daftar isi agak masuk kedalam. Apakah kalian sudah bisa melakukan nya? Kalau memang juga masih belum, berikut ini kami sertakan panduan cara membuat daftar isi agak masuk kedalam. Semoga juga bisa menjadi ilmu tambahan yang bermanfaat ya.

Cara Membuat Daftar Isi Agak Masuk ke Dalam

Sebenarnya mudah saja untuk membuatnya, tinggal KLIK TAHAN dan GESER KANAN. Maka tulisan akan segera bergeser masuk ke dalam.
  
Cara Membuat Daftar Isi Masuk ke Dalam

Perhatikan gambar berikut ini, tanda nya sudah bergeser ke kanan. Mudah banget bukan? Sekarang tinggal kalian praktekkan saja dengan laptop mu.

Judul Daftar Isi Masuk ke Dalam

Setelah itu tinggal cara membuat nomor halaman pada daftar isi, pastinya juga penting untuk diketahui. Namun sebelumnya kami akhiri dahulu saja artikel mengenai cara membuat titik-titik pada daftar isi ini, supaya tidak terlalu panjang. Karena nanti kasihan yang baca, jadi untuk mengetahui tutorial lain mengenai microsoft word bisa di simak di artikel kami lainnya.


Terima kasih sudah berkunjung dan belajar bersama disini, jangan lupa like dan share artikel yang ada di blog ini jika dirasa bermanfaat biar tambah rame dan semakin bermanfaat bagi sesama. Akhir kata selamat mencoba di rumah, dan semoga berhasil.

0 Response to "Cara Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi dengan Rapi"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya