Cara Aktivasi Office 2016 Permanen Tanpa Product Key

Cara aktivasi office 2016 dengan mudah tanpa perlu menggunakan product key. Mungkin cara inilah yang sedang kalian cari sekarang ya. Karena kebanyakan orang memang malas untuk membeli serial number resmi dari office ini. Seperti yang telah kita ketahui bahwa office 2016 ini merupakan penyempurnaan atau melengkapi dari versi sebelumnya. Meskipun saat ini juga sudah ada versi office 2019 yang disenjatai dengan beragam fitur baru yang sangat menarik, faktanya masih banyak juga yang sulit move on dari si doi (office 2016) ini.

Kalau sudah install office 2016 di laptop, pastinya kan kita harus melakukan aktivasi. Proses ini juga harus kita lakukan supaya kita bisa menggunakan fitur aplikasi ini secara penuh tanpa adanya masalah. Sebenarnya tidak hanya pada office versi ini ya, namun semua office mulai dari yang awal hingga terbaru butuh adanya aktivasi. Sebelumnya kita harus tahu dulu kenapa sih harus ada fitur aktivasi ini. Biar kita tau logika yang benar mengenai penggunaan setiap aplikasi di dunia.

Cara Aktivasi yang Benar

Pernahkah terlintas di pikiran mu, kenapa sih setiap aplikasi itu butuh yang namanya aktivasi. Kenapa tidak langsung pakai saja ya, malah bikin ribet saja. Apakah pemikiran kamu juga seperti itu? Kalau memang demikian yuk kita baca penjelasan berikut ini. 

Cara Aktivasi Office 2016

Cara aktivasi yang benar dan sesuai dengan prosedur adalah dengan mamakai serial number. Jadi kamu harus membeli serial number dari microsoft lalu tinggal memasukkan nya pada kolom aktivasi. Harganya juga lumayan kok, bisa di cek sendiri di situs resmi office ya.


Kenapa Butuh Aktivasi?

Apa sih perlunya aktivasi pakai serial number? Setiap aplikasi itu ibaratnya produk yang dijual sama sang pembuat ya. Logikanya begini, setelah kita sudah susah-susah membuat aplikasi pastinya kita juga ingin mendapatkan keuntungan bukan? Lha terus bagaimana caranya medapatkan keuntungan? Jawabannya adalah melalui proses aktivasi produk key ini.

Dengan kita membeli serial number kepada pembuat office 2016 ini, maka kita sudah memberinya reward atas hasil jerih payah membuat aplikasi. Terus kalau tidak mau melakukan aktivasi bagaimana? Berikut ini kita bakal jelasin secara detail.

Masalah Jika Tidak Aktivasi

  • Saat kamu membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya, lalu kamu melakukan beberapa perubahan pada file tersebut. Maka hasil perubahannya tidak akan tersimpan.
  • Setiap kamu membuka salah satu produk office 2016, maka akan selalu muncul kotak dialog yang memintamu untuk segera memasukkan product key.
  • Akan muncul pop up Product Notice yang menginfokan bahwa office tidak teraktivasi dan menyuruhmu untuk segera melakukan aktivasi dengan serial number atau product key.
Dengan adanya beberapa masalah tersebut, pastinya bakal sangat mengganggu ya. Apalagi saat kita ingin memakai office 2016 ini. Tapi jika kamu sudah punya produk key, pasti mudah saja. Tinggal masukkan saja di kolom aktivasi yang sudah di sediakan, dan otomatis office 2016 nya siap untuk digunakan secara penuh.

Disinikan masalah kita adalah tidak punya serial number, jadi kita bakalan gunain aplikasi aktivator office 2016. Hasil yang diperoleh pun sama dengan yang menggunakan produk key kok. 

Cara Aktivasi Office 2016 secara Gratis

Kita sudah tahu kan, bagaimana sebenarnya mengenai penggunaan dan pentingnya aktivasi dalam setiap aplikasi? Ternyata sangat bermanfaat bagi semua pihak. Entah itu bagi si pengguna maupun pembuat aplikasi. 

Namun disini pasti sudah menunggu cara aktivasi office yang gratis dan permanen. Karena biasanya kita memiliki kelakar, kalau ada yang gratis ngapain cari yang bayar. Kalimat itulah yang bisa membuat para pembuat aplikasi jadi malas mengembangkan aplikasinya lebih jauh. Karena pasti bakal di bobol atau di curangi oleh para pembuat aplikasi crack atau fake serial number.

Kembali ke topik ya, cara ini sebanrnya bisa dikatakan cara abu-abu atau bahasa kasarnya adalah pembajakan hehe. Meski demikian hal ini sudah menjadi biasa dikalangan pengguna windows. Oh iya disini kita akan pakai 3 aplikasi aktivator office ini biar tanpa bayar alias gratis. Cukup dengan pilih salah satu saja, jangan ketiganya dipakai. Berikut ini adalah daftar aplikasinya yang bisa digunakan.
  1. KMS Pico
  2. KMS Office 2019
  3. KMS Auto Lite
Kita cukup gunakan salah satu saja ya. Namun sebelum kita jalankan aktivatornya, kita harus mematikan sementara antivirus yang ada di laptop. Karena beberapa antivirus mendeteksi aplikasi ini sebagai suatu ancaman terhadap kesehatan laptop.

Setelah proses aktivasi selesai, kamu bisa aktifkan antivirus nya kembali. Dan bisa berjalan secara lancar. Namanya juga jalan pintas aktivasi office ya, jadi harus pinter otak-atik cari solusi.

1) Aktivasi Office 2016 Menggunakan KMS Pico

Aplikasi ini merupakan salah satu yang paling populer dibanding yang lainnya. Bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.
  • Silahkan unduh aplikasi KMS Pico nya.
  • Ekstrak file yang sudah terdownload, lalu jalankan file KMSPico.exe
  • Maka akan muncul jendela Extracting, artinya proses aktivasi office 2016 sedang berlangsung. Jendela tersebut akan hilang secara otomatis juka proses sudah selesai. Jadi tunggu prosesnya saja dengan sabar.
  • Jika sudah, maka proses aktivasi sudah berhasil.

Catatan!!!

Cara inilah yang kami nilai paling cepat dan praktis dibanding dengan metode lain. Kalau office 2016 nya sudah aktif, jangan lupa untuk syukuran ya hehe. Kini kamu bisa menggunakan semua produknya dengan lancar, bisa untuk menyelesaikan tugas-tugas. 

2) Aktivasi Menggunakan KMS Office 2019

Selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ini. Dia juga punya nama keren lain loh, namanya adalah Office 2013-2019 C2R Install atau Oinstall. Bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.
  • Silahkan unduh aplikasi KMS Office 2019
  • Ekstrak dan jalankan aplikasi seperti biasanya. Klik saja pada Oinstall.exe
  • Maka akan muncul kotak dialog baru. Pada bagian Main Window, klik pada tab Utilities. Lalu silahkan centang pada checkbox Office reactivation task.
  • Kemudian klik Office RETAIL => VL untuk melakukan konversi Office 2016 menjadi Volume License.
  • Tunggu hingga proses selesai, tandanya adalah dengan munculnya keterangan Completed. Lalu tekan Aktivate Office untuk memulai proses aktivasi office 2016. 
    Cara Aktivasi Office 2016 Permanen
  • Kalau muncul kotak dialog Windows Security Alert dengan name KMS emulator by Ratiborus, silahkan klik Allow access
    Aktivasi Office 2016 Gratis
  • Tunggu hingga proses selesai, maka akan tampil keterangan Product activation succesfull 
    Aktivator Office 2016
  • Sekarang office 2016 sudah teraktivasi, tinggal kamu tutup saja aplikasi KMS Office 2019 nya. Dan kamu bisa menggunakan Office ini dengan tanpa masalah dan gangguan.

3) Aktivasi Menggunakan KMS Auto Lite

Selanjutnya cara lain adalah dengan menggunakan aplikasi ini. Supaya tidak terus menerus diminta untuk diminta product key. Perlu diketahui bahwa aktivator KMS Auto Lite ini bisa digunakan untuk mengaktivasi Office 2013 dan juga Office 2016. Keren bukan? Berikut ini penjelasan cara memakai KMS Auto Lite ini.
  • Unduh aktivator KMS Auto Lite.
  • Lalu ekstrak file nya ya. Pada folder tersebut ada 2 pilihan file, yaitu KMSAuto X64 dan juga KMSAuto. Kamu tidak perlu menjalankan keduanya kok, cukup sesuaikan dengan widows yang kamu pakai di laptop. Berikut keterangannya ya.
    • KMSAuto X64 untuk windows 64 Bit
    • KMSAuto untuk windows 32 Bit
  • Silahkan jalankan aplikasinya dengan klik 2 kali, atau Run as Administrator)
  • Pada kotak dialog aplikasi KMS Auto Lite, silahkan klik tab Tools, lalu centang pada checkbox Convert Office 2010/2013/2016 RETAIL => VL. 
    Cara Aktivasi Office 2016 dengan Aplikasi
  • Kembali ke Main Window. Kemudian klik Opsi Install GVLK. Selanjutnya centang pada Forcibly lalu klik Office key untuk memasang produk key office. 
    Cara Aktivasi Office 2016 dengan Mudah
  • Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL pada layar biru. Lalu, silahkan klik Activate Office untuk mengaktifkan Office 2016. 
    Aktivasi Office 2016 Gratis Permanen
  • Jika proses aktivasi office sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL. 
    Aplikasi untuk Aktivasi Office 2016

Cara Cek Office sudah Teraktivasi

Semua proses sudah kita lewati, kini kita cek status aktivasi office 2016 nya ya. Caranya adalah dengan membuka salah satu produk seperti microsoft word. Lalu tekan File – Account.

Nah lihat pada bagian product information akan muncul keterangan Product Activated. Artinya office 2016 kamu sudah teraktivasi, mudah bukan?

Cara Cek Status Office Sudah Teraktivasi

Aktifkan Kembali Antivirus di Laptop

Karena proses aktivasi sudah berhasil, kini saat nya untuk mengaktifkan kembali antivirus. Guna menjaga keamaan dan kesehatan laptop dari serangan virus maupun malware. Pasti kamu sudah tahu caranya bukan? Kalau ada yang belum tahu caranya, kita diskusi di kolom komentar ya.


Mungkin itu lah sedikit info dari kami admin blog tutorial software gratis kepada kalian semuanya. Semoga cara aktivasi office 2016 ini bisa menjadi solusi bagi masalah kamu saat ini. Terima kasih sudah membaca tulisan ini, akhir kata selamat mencoba dan salam sukses.