Contoh Daftar Isi Makalah yang Benar [Update]

Contoh daftar isi makalah ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kamu gaes, khususnya yang saat ini sedang bingung mencari referensi cara membuat daftar isi karya tulis yang benar. Apa kalian sekarang lagi punya tugas membuat makalah atau karya tulis ilmiah? Yap seperti saat saya masih kuliah dulu, tugas yang paling banyak dari para dosen adalah membuat makalah. Kalau buat mahasiswa veteran alias yang udah pada senior, membuat makalah bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit. Tapi kendalanya adalah bagi yang masih newbie, masih baru masuk kuliah perguruan tinggi. Apalagi yang saat di SMA masih belum pernah sama sekali buat makalah atau karya tulis ilmiah. Nah kan jadi pusing tuh kepala, iya kan?

Berangkat dari situlah, saya memiliki inisiatif untuk membuat tutorial cara membuat daftar isi yang rapi dan praktis. Yang pada kesempatan lalu sudah saya bahas secara lengkap dan runtut. Bagi yang belum pada tahu cara cepat nya. Buruan deh liat sana, biar setelah ini nanti kedepan nya, kamu bisa lebih jago lagi dalam membuat daftar isi.   

Nah, ketika membaca atau pun hendak mencari informasi yang ada dalam suatu buku, makalah, laporan dan bahkan skripsi pun. Apa yang akan kamu perbuat pertama kali? Lalu apa yang bakal terjadi jika kamu berhadapan dengan suatu tulisan yang punya jumlah halaman yang super banyak? Pasti tak mudah bukan? Beruntungnya ada suatu hal atau bagian dalam penyusunan tulisan, baik itu karya ilmiah maupun non karya ilmiah yang dapat mempermudah mencari suatu halaman atau info tertentu.

Contoh Daftar Isi Makalah yang Benar


Keberadaan nya juga bisa mempermudah siapapun yang membaca untuk menyimpulkan isi dari suatu karya tulis atau makalah sekalipun. Yaps, benar sekali dialah yang dinamakan daftar isi. Maka dari itu nanti akan kami paparkan contoh daftar isi makalah untuk dijadikan bahan belajar bagi yang mau membuat daftar isi makalah atau karya tulis ilmiah nya.

Dengan adanya daftar isi ini, si pembaca dapat mengenal semua info terkait bab, sub bab, dari suatu karya tulis atau makalah. Dengan daftar isi, membuat penyusunan makalah dapat menjadi lebih rapi. Sebab di susun berdasarkan tahap atau bagian nya masing-masing. Karya tulis yang saya maksud disini itu bisa berupa buku, skripsi, makalah klipinh maupun yang lainnya ya.

Kalau bicara mengenai susunan daftar isi ini, sebenarnya tidak ada patokan yang baku, semua didasarkan pada isi dari karya tulis atau makalah yang kamu buat. Jadi pastinya antara makalah yang satu dengan yang lain, bisa saja berbeda. Dan itu merupakan hal yang sah sah saja. 

Sebab memang sesuai dengan fungsi dari daftar isi, yakni sebagai informan lokasi atau tempat dari sebuah halaman. Jadi wajib hukumnya untuk menyesuaikan daftar isi ini dengan daftar informasi atau bab yang ada di dalam makalah tersebut. Disini nanti kami akan berikan hal utama yang perlu di tulis dalam daftar isi makalah ini.

Contoh Daftar Isi Makalah

Contoh Daftar Isi Makalah yang Benar

Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik

Sehingga kamu tinggal memerakan halaman mana yang sesuai dengan halaman sesungguhnya di dalam makalah kamu. Supaya lebih jelas lagi, nanti akan saya sajikan contoh daftar isi makalah selengkapnya.

Yaps, berikut ini ada beberapa contoh daftar isi yang kami ambil dari mata kuliah saya dulu saat masih menimba ilmu di perguruan tinggi. Jadi bisa kami pelajari dan jadikan referensi saat menyusun daftar isi makalah mu sendiri.

Berikut ini adalah secara garis besar nya. Jadi pada bagian pendahuluan itu isinya ada Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat dan Definisi operasional.

Kemudian di bagian bab kedua ada Materi atau isi. Terdiri dari sub bab yang akan di bahas dalam makalah. Kemudian Bab tiga adalah penutup, biasanya berisi kesimpulan dan saran. Jadi seperti inilah susunan daftar isi secara garis besarnya ya. 
Contoh Daftar Isi Makalah
Oh iya kalau mau lebih praktis lagi, saya juga sudah siapkan file daftar isi makalah yang bisa kamu unduh. Jadi langsung saja ya klik link berikut ini. 

Unduh file Contoh Daftar Isi Makalah (MS Word)

Selain yang namanya daftar isi, dalam makalah juga ada lagi beberapa hal penting yang harus di tuangkan didalam nya. Salah satunya adalah footnote. Nah kalau temen-teman sekalian pengen juga belajar cara membuat footnote silahkan buka juga arikel kami di blog ini ya.

Seperti itulah contoh daftar isi makalah yang dapat kami bagikan kepada semuanya. Semoga bisa menjadi salah satu hal yang bermanfaat kali ini.