9 Tips Nge Cas HP yang Benar Biar Baterai Awet

Baterai adalah komponen penting pada suatu HP. Namun banyak juga permasalahan HP seperti hp meledak yang dikarenakan oleh komponen ini. Baterai juga menjadi bagian vital karena nyala tidaknya device, tergantung dari si dia. Sebab itu, tidak jarang banyak dari kita jika mau membeli HP, kapasitas baterai menjadi salah satu hal mutlak yang perlu diperhatikan.

Sebab itu juga, tak sedikit orang ingin memilih HP dengan baterai berukuran besar. Akhir-akhir ini, sebagian besar dari kita juga ingin mencari HP yang telah mendukung teknologi fast charging. Tujuannya untuk memperoleh HP dengan nilai baterai yang tahan lama dan cepat dalam pengisian. Padahal sebetulnya, baterai pada HP bukan soal kapasitas serta teknologi fast charging.

Hal yang mendasar dari suatu  baterai tahan lama tidaknya merupakan soal teknik  mengisi daya. Bahasa terkenalnya ngecas. Sebesar apapun kapasitas baterai yang kamu gunakan pada HP, apabila salah dalam pemakaian serta proses isi daya, maka performa baterai tersebut bakal menurun. Selain itu masih saja boros, jadi hati-hati ya.

Maka dari itu, penting untuk kita ketahui mengenai cara yang benar ngecas HP. Tujuannya supaya baterai HP masih tahan lama serta kinerjanya tak cepat habis. Lantas, bagaimana sebetulnya teknik mengisi daya handphone dengan benar? Semoga pertanyaan itu bisa terjawab dengan penjelasan berikut ini.

Tips Ngecas HP yang Benar


1. Mematikan Ponsel saat Ngecas

Salah satu tips terbaik untuk ngecas HP yakni dengan mematikan HP tersebut saat di cas. Memang sih tak terlalu salah saat ngecas dalam keadaan menyala. Hanya saja lebih baik ngecas HP dalam keadaan mati saja. 

Tips Nge Cas HP yang Benar Biar Baterai Awet

2. Lepas Casing HP

Jika HP yang mu ada casing, sebaiknya saat dicas lepas saja casing-nya. Berbagai jenis handphone biasanya menjadi hangat saat dicas dan casing masih terpasang. Biasanya hawa hangat ini timbul sebab terhambatnya pembuangan hawa panas saat sedang pengisian.

Gambar Nge Cas HP yang Benar

Untuk HP modern atau yang lebih baru, sebetulnya ini udah tak terlalu relevan lagi. Tapi betapa baiknya apabila tetap melepas casing. Ibaratkan casing itu pakaian yang menempel di HP, saat HP kegerahan maka membuka bajunya merupakan faktor yang cocok, terlebih keadaannya sedang terhubung dengan listrik.

3. Gunakan Charger Asli

Pemakaian charger orisinil merupakan sesuatu yang paling dianjurkan. Charger orisinil atau asli telah diatur sedimikian rupa supaya dapat mengisi baterai HP dengan baik. Namun, hal ini sangat sering diabaikan oleh orang, apalagi saat sedang tak bawa charger jadi pinjam dari orang lain yang tak orisinil.

Charger Asli

Sebetulnya, pemakaian charger lain pada HP tidaklah terlalu buruk. Hanya saja charger USB yang digunakan bakal mempunyai kinerja yang tak sama. Khususnya mengenai arus ampere. Ada charger yang punya arus 2A serta ada juga yang 1A. Pasti ini bakal membikin proses ngecas menjadi tak sama bahkan lambat.

Yang paling aman masih memakai charger asli. Pasalnya, banyak juga charger yang punya kualitas kurang baik yang dapat berdampak fatal pada baterai handphone. 

Apabila terbukti lupa tak bawa charger ori dan dengan terpaksa meminjam charger orang lain, perhatikan kualitas charger tersebut dengan cek voltase dan juga ampere di bagian kepala charger.

4. Ngecas Sebelum Benar-Benar Habis

Cara Ngecas Hp dengan Benar

Artinya, ketika daya baterai tetap kisaran 30% hingga 40%, itulah saat yang cocok untuk mengisi daya HP. Jangan tunggu daya baterai hingga habis atau 0% untuk ngecas lagi. Hal ini justru bakal membikin umur baterai berkurang. Minimal daya saat ngecas sebaiknya kurang lebih 20%. Tak jarang ngecas saat baterai 15% ke bawah justru tak lebih baik untuk kelangsungan baterai.

5. Mengisi Tidak Sampai 100%

Cara Ngecas Hp dengan Benar

Tidak sedikit orang yang salah kaprah mengenai pengisian penuh. Ada yang berbicara apabila baterai tidak terisi penuh serta langsung dicabut, maka itulah yang bakal menurunkan kinerja baterai. Padahal ngecas HP yang paling ideal justru bukan hingga penuh atau 100% namun kurang lebih 80% saja.

Jadi, buat Kamu yang main cabut HP saat terisi hingga 80% hingga 90% tidak usah kawatir baterai cepat rusak. Justru mengisi daya terlalu penuh pada device berpotensi mengurangi umur baterai.

6. Menurunkan Kontras Layar HP

Jika Anda ngecas HP dalam keadaan menyala, sebaiknya kontras layar dibuat rendah saja. Mengapa? Karena kontras layar adalah salah satu penyebab baterai HP lebih cepat habis saat digunakan. Sebab itu, biar proses ngecas berjalan dengan baik, alangkah baiknya untuk menurunkan kontras layar HP.

Cara Ngecas Hp dengan Benar

7. Jangan Terlalu Sering Pakai Power Bank

Power bank merupakan benda elektronik yang sering dibawa berpergian. Benda ini merupakan penyelamat saat baterai HP hampir kosong. 

Cara Ngecas Hp dengan Benar

Pemakaian power bank untuk ngecas HP sebetulnya sah-sah saja. Hanya saja pemakaiannya jangan terlalu sering ya. Artinya gunakanlah saat mendesak saja. Kalau keseringan ggecas HP memakai power bank , bisa berpotensi membikin umur baterai HP berkurang loh. Bahkan, dapat membikin baterai HP jadi gampang drop. Apalagi kalau pakai power bank abal-abal, jadi tetep pilih yang berkualitas bagus ya. Jangan yang hanya menag murah nya saja, yang penting adalah kualitas. 


8. Hindari Ngecas Lewat port USB PC / Laptop

Cara Ngecas Hp dengan Benar

Saat ngecas HP sebaiknya langsung colok ke stop kontak atau terminal colokan listrik saja. Jangan ngecas pakai port USB laptop bro. Sebetulnya sih boleh saja, kalau dalam keadaan darurat. Tapi mengisi daya lewat port USB laptop atau pun komputer, cenderung lambat mengingat arus yang masuk biasanya hanya 0,5 A saja. Jadi kalau bisa ya hindari lah hal semacam itu. Gak baik untuk kesehatan si baterai HP.

9. Gunakan Baterai HP Original

Cara Ngecas Hp dengan Benar

Apabila baterai HP mu udah drop, sebaiknya ganti baterai yang original saja ya. Pemakaian baterai yang tidak original, punya potensi kurang baik pada performa juga. Tak jarang saat dicas, baterai HP abal-abal lebih lama pengisian dayanya dibanding baterai ori. Untuk itu usahakan supaya baterai HP mu original.


Seperti itulah tips dari kami seputar cara ngecas HP yang baik dan benar. Silahkan percaya atau tidak, itu terserah kamu juga. Yang penting kami sudah bagi tips supaya baterai HP awet dan tahan lama. Oh iya kalau kamu ada tips, lain silahkan aja komen kolom komentar ya.

Terima kasih. 

0 Response to "9 Tips Nge Cas HP yang Benar Biar Baterai Awet"

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar untuk memperkaya konten dari blog ini. Terima kasih atas komentarnya :)