7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepet Rusak, Kamu Harus Tau!

Kebiasaan yang bisa bikin laptop kalian cepet rusak, sudah tahu kah kamu? Pada kesempatan kali ini kita akan bahas hal itu ya. Karena kebanyakan dari kita semua lalai dan bahkan tidak mengetahuinya. Merawat laptop sendiri juga terbilang gampang-gampang susah sih, tapi kalau kamu tidak memperhatikan kesehatan laptop juga akan berakibat fatal. 

Kalau laptop kalian sudah sakit, maka biaya yang bakal dikeluarkan juga tidak sedikit. Maka dari itu seperti pedoman yang sudah terkenal dari dulu, kalau mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Jadi merawat laptop dengan menghindari kebiasaan buruk ini, pasti akan lebih bermanfaat jika dibandingkan kalau harus memperbaikinya saat rusak. Baiklah, sekarang apa saja kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan? Berikut ini kami sudah mengulasnya untuk kamu.

1) Jangan Berlari dengan Laptop

Kebiasaan buruk yang pertama sering lari-lari dengan laptop di dalam tas, terutama kalau laptop kalian pakai hard disk. Selama ada hardisk di dalam laptop kalian, yang namanya lari dengan ada laptop di tas itu sama sekali gak boleh dan harus di hindari. 


Karena dulu pernah kejadian, ada teman kuliah yang agak kesiangan terus ngejar-ngejar bis sambil bawa laptop di dalam tas nya. Dan akhir nya saat sudah di kelas, tiba-tiba laptop nya sudah rusak. Khususnya pada hard disknya ya, jadi kamu juga sebaiknya hindari kebiasaan itu. Kalau tidak, nanti resikonya bisa fatal kawan.

2) Menaruh Tas dengan Cara di Banting

Kalian pasti pernah, ketika sudah merasa capek dengan kegiatan. Terus pas sampai di rumah, langsung saja meletakkan tas yang masih ada laptop nya dengan kasar. Tau sendirilah ilustrasinya ya, agak sedikit di banting kalau boleh ngomong. 

Jadi hal ini juga harus diperhatikan gaes, karena guncangan yang di akibatkan ini bisa ngefek ke hard disk laptop kita. Sayangi laptop mu seperti layak nya kami menyayangi pacar mu. Ya, mungkin itu salah satu kalimat yang cocok buatmu ya. Biar tidak asal saja kalau sama si laptop, ntar kalau sudah rusak baru tahu rasa.

3) Jaga Suhu Laptop

Kalau baterai ter expose sama panas, dia umurnya pasti akan berkurang. Dan itu juga tidak akan baik ke laptop kalian. Salah satu hal yang paling bikin panas, itu ketika fentilasi laptop ke blokir dengan sesuatu.

Kebiasaan Bikin Laptop Cepet Rusak

Bahkan banyak juga yang masih menggunakan laptop di atas mouse pad, bantal, tempat tidur, selimut, sofa dan diatas barang-barang yang bisa menghambat fentilasi. Dan pastinya haram banget untuk dilakukan, kalau fentilasi ke block, laptop jadi cepat panas. Dan finally, baterai nya juga akan cepat rusak. 


Jadi harus hindari menggunakan laptop di atas permukaan yang lunak, gunakan alas dengan permukaan keras supaya fentilasi laptop bisa berjalan dengan lancar. Kalau mau main laptop ya di meja, masa mau di ranjang.

4) Main Laptop di atas Permukaan Kotor

Kadang-kadang kita sering ya, apalagi sebagai anak kos. Kebersihan pasti menjadi sesuatu yang sulit banget untuk di jaga. Kalau kalian sering main laptop diatas meja, maka sebaiknya meja nya juga dibersihkan ya. Jangan asal dipakai terus-terusan. 

Karena lama kelamaan, debu tersebut akan terakumulasi atau mengumpul ya. Dan masuk kedalam kipas laptop dan akhirnya menganggu fentilasi laptop. Jadi jaga hidup sehat demi masa depan laptop kamu juga. 

5) Pisahkan Penyimpanan Laptop

Ini biasanya yang sering juga dilakukan, yakni mencampur jadi satu peralatan lain seperti mouse, charger, gunting, buku dan alat-alat lain menjadi satu ruangan. Padahal hal itu cukup membuat laptop menjadi luka-luka, apakah kalian gak kasihan tuh sama si doi. 

Apalagi kalau kita pas jalan, dan disana pastinya barang-barang akan beradu dong. Itu yang akan membuat laptop kalian punya banyak baret, lecet dan lain-lain. Meski pun secara tidak langsung akan berefek pada kerusakan laptop, tapi minimal akan membuat laptop menjadi jelek. 

Dan akibat terburuk nya adalah layar nya bisa rusak duluan gara-gara kebiasaan kamu tersebut. Jadi hati-hati ya kalau lagi bawa laptop. Kalau memang tas kalian itu memang hanya ada 1 ruangan saja, usahakan pakai yang namanya wadah latop yang empuk itu. Atau gunakan tas yang ada ruangan tempat penyimpanan laptop nya. 

6) Jangan Goyang Pas Nyabut Kabel

Ketika ada kabel, baik itu HDMI atau USB yang nyolok ke laptop itu sering banget ada yang nyabut nya kepaksa. Paksa maksudnya bukan dicabut dengan sekuat tenaga ya, tapi dicabut dengan cara di goyang-goyang kiri kanan terlebih dahulu. Jadi sebaiknya jangan lakukan hal itu, don't try this at home. 

Laptop itu gak seneng goyang-goyang, karena waktu nyabut kabel dengan cara di goyang. Lama kelamaan port nya bakal longgar dan efek nya mungkin gak akan baik kedepan nya. Nah kalau sudah longgar efeknya mungkin jadi perangkat kalian sulit tersambung dengan laptop kalau pas lagi di pakai. 

Jadi yang benar bagaimana dong? Kalau kalian mau nyopot kabel atau flashdisk, usahakan ditarik sekuat tenaga dengan arah yang lurus. Jangan di belokin, karena dikawatirkan itiu tadi. Kalau nanti sudah rusak kan, susah juga ya. 

7) Sleep is Okay

Tidak seperti mitos yang berkembang ya, kalau laptop di sleep itu bakal cepet rusak katanya. Kalau menurut saya pribadi sih baik-baik saja. Faktanya laptop yang saya buat nulis artikel ini pun, pakai laptop lama yang sudah 3 tahun an lebih dan sering juga saya sleep. 

Jadi sebenarnya sleep itu cuma membiarkan RAM kalian itu punya tenaga ya, karena ketika RAM gak dapat listrik secara otomatis terhapus isinya. Dalam kondisi sleep itu, satu-satunya komponen yang menyerap tenaga didalam laptop hanyalah RAM. Jadinya ketika nyalain kembali, semuanya seperti semula. Sedangkan HDD ada dalam posisi memarkir alias idle. Kalian ya tinggal lanjut kerja, karena data-data yang ada di RAM itu tinggal diakses kembali oleh laptop. 

Tips Kapan Harus Sleep & Shutdown

Beda dengan Hibernate yang memindahkan isi RAM ke dalam Hard Disk, jadinya konsumsi daya nya bisa lebih rendah lagi. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa sleep itu tidaklah harmful ke laptop kalian. 

Sebaliknya kalau kalian malah sering mati-nyalain laptop itu ujung-ujung nya bakal lebih berbahaya ketimbang meninggalkan laptop kalian sleep. jadi peraturannya gini aja ya, ketika ada pekerjaan kalian yang belum terselesaikan dan mesti pindah tempat itu gak papa untuk di sleep. Tapi kalau laptop di tinggal tidur, atau di tinggal untuk hal lain dalam waktu yang lama sebaiknya di shut down saja. Jadi gitu saja kombinasinya, jangan kelamaan di sleep juga walaupun sleep itu gak masalah. Tapi sekali sekali juga di shut down, seperti itui saja sih. 

Mungkin itu dulu saja ya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini kepada teman-teman kamu. Terima kasih atas kunjungannya dan tetap semangat menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, salam senyum.

0 Response to "7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepet Rusak, Kamu Harus Tau!"

Post a Comment

Ketik komentar kamu disini ya